Siswa GAUL OKI, Bakal Jadi Delegasi di Jambore Generasi Hijau 2016

Drs Sugiyono. MM - Kepala SMAN Ungguan Kayuagung OKI

Drs Sugiyono. MM – Kepala SMAN 3 Unggulan Kayuagung OKI Sumsel. (FOTO.DOK.SMAN 3 Unggulan OKI)

KAYUAGUNG | KSOL –  SMAN 3 Unggulan Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Sumatera Selatan (Sumsel), kembali menorehkan prestasi. Kali ini sekolah yang popular dengan sebutan GAUL (tiga unggulan) akan mengutus salah seorang siswanya, Dian Rizki Tri Wahyu Nanda mengikuti Jambore Generasi Hijau (JGH) di Mamuju Sulawesi Selatan 17-22 Oktober 2016.

Keberangkatan  siswa yang kini duduk kelas XII IPA 4 ini, akan bersama ratusan delegasi siswa lain dari berbagai sekolah di Indonesia.

Dian mengaku, jauh sebelum lolos sebagai utusan OKI di ajang JGH ini, Dian harus mengikuti sejumlah tahapan seleksi yang sangat ketat.

“Seleksinya mirip dengan event Young Eco-Journalism Bootcamp 2016 yang difasilitasi CSR PT. Sampoerna Agro Bulan Maret lalu. Kami diminta melengkapi berbagai tahapan verifikasi, termasuk membuat tulisan essay dan proposal project perubahan lingkungan di sekitar saya tinggal. Waktu itu saya mengangkat topik pengelolaan Bank Sampah,” tutur Dian.

Lebih lanjut Dian berjanji, melalui event ini dirinya siap memromosikan pembangunan yang berkelanjutan Kabupaten OKI yang saat ini sedang berkembang.

Diantaranya menurut Dian, kehadiran para pelaku industri kelapa sawit yang menaruh perhatian terhadap pelestarian lingkungan.  Mereka mampu melakukan kegiatan secara sinergis dan memerankan diri dengan positif dalam lingkungan mereka.  “Hal itu akan saya promosikan melalui karya jurnalistik dan diskusi,” ujarnya, Kamis (29/9/2016).

Dian, siswa SMAN 3 Unggulan Kayuagung, didampingi Pembina OSIS, menerima dukungan dari CSR Sampoerna Agro untuk mewakili OKI dalam Jambore Nasional Generasi Hijau 2016

Dian, siswa SMAN 3 Unggulan Kayuagung OKI (pakai seragam sekolah-tengah), didampingi Pembina OSIS, (kiri) menerima dukungan dari CSR Sampoerna Agro untuk mewakili OKI dalam Jambore Generasi Hijau (JGH) 2016. (FOTO.DOK.SMAN 3 Unggulan Kayuagung OKI)

Sebab, menurut Dian pada event JGH nanti, akan rangkai dengan berbagai kegiatan. Diantaranya, peningkatan kapasitas, Focus Discusison Group (FGD), simulasi project pelestarian lingkungan.

Menanggapi hal itu, Drs. Sugiyono, MM, Kepala Sekolah SMAN 3 Unggulan Kayuagung, didampingi Heriyadi, S.Pd, Pembina OSIS menuturkan, sekolah sangat mendukung kegiatan ini. Bahkan, orang nomor satu di SMAN Unggulan Kayuagung ini mengatakan, pihaknya siap menfasilitasi siswa untuk memperoleh pengembangan diri.

“Alhamdulillah, selain menghelat event tahunan seperti English Edufest kali keempatnya dan Young Eco-Journalism bersama Sampoerna Agro, kami juga memfasilitasi siswa mengikuti acara di tingkat nasional ini,” ujarnya.

Sugiyono berharap, melalui event ini dapat menjadi inspirasi bagi Dian khususnya, atau bagi murid lain pada umumnya. “Kita berharap, event ini dapat menjadi inspirasi bagi semua siswa. Hal yang lebih penting lagi, setelah pulang dari event ini, Dian dapat mereplikasi kembali, dalam bentuk yang lebih konkrit, sekaligus sebagai kontribusi Dian terhadap lingkungannya, baik di sekolah maupun bagi kabupaten ini,” harapnya.

TEKS : ARDIAN (KONTRIBUTOR) OKI | EDITOR : IMRON SUPRIYADI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *