Ini Ciri-Ciri Penyalahgunaan Narkoba : Suka Nonton OT, Mudah Emosi dan Banyak Bohong

EMPAT LAWANG | KSOL – Badan Narkotika Nasional (BNN) Empat Lawang, kian gencar mesosialisasikan bahaya penyalahgunaan narkoba bagi masyarakat, terutama generasi muda.

Rabu (28/9/2016), BNN didampingi pihak kecamatan Saling, melakukan sosialisasi bagi masyarakat di Desa Sukakaya. Dalam kegiatan itu, Kepala BNN Empat Lawang, AKBP Amancik melalui Kasi Pencegahan Peredaran zat Narkoba, Efran Nizal menjelaskan, beberapa jenis narkoba tidak bisa dipandang semua berbahaya.

Namun, yang berbahaya itu penyalahgunaan di masyarakat. “Tidak semua berbahaya, ada narkoba sudah dapat izin manfaat dari pemerintah seperti obat bius dan lainnya. Nah, yang tidak boleh dalam kondisi bentuk apapun, penyalahgunaan narkoba contohnya ganja,cimeng,sabu dan masih banyak jenis lainya,” ujar Efran.

Ia juga menjelaskan, beberapa ciri-ciri orang yang biasa menyalahgunakan narkoba, biasanya suka nonton orgen tunggal (OT), sering marah (emosian) dan banyak berbohong. Itu ciri-ciri ringan saja, selain itu banyak perubahan perilaku.

Terkait penyalahgunaan narkoba, imbuh Efran, sudah jelas dilarang oleh pemerintah, akan di kenakan pasal 111 tentang penyalahgunaan Narkoba dengan hukuman seumur hidup atau hukuman mati. “Secara umum, perubahan prilaku, biasanya suka nonton OT, sering marah dan banyak bohong,” jelasnya.

Selanjutya, Efran mengajak, seluruh masyarakat dan generasi muda khususnya di Empat Lawang, agar tidak menggunakan dan menyalahgunakan barang haram tersebut, karena bisa merusak moral dan juga agama.

“Untuk adik-adik kalau mau tes apapun sebelumnya harus di tes urine dulu, kalau terbukti menggunakan narkoba ditempat manapun tidak akan diterima. Paling-paling cuma jadi petani mengurus kebun saja,” kata Efran menambahkan, pesan bagi masyarakat desa Suka kaya khususnya, mari kita ciptakan generasi muda  “AMAN” (Anak Muda Anti Narkoba).

“Kalian semua bakal menjadi penerus bangsa dan negara, buatlah orangtua kalian bangga, kalau adik-adik sudah anti narkoba maka para orang tua pun akan malu kalau menggunakan narkoba,” imbuhnya

Sementara itu, Camat Saling, Aidil Juliansyah dalam sambuatanya menyambut baik dilaksanakan sosialisasi narkoba. Hal ini, kata dia,  agar generasi muda mengerti tentang bahaya Narkoba dan tidak menggunakanya karena banyak sekali yang akan dirugikan baik itu dari keluarga, bangsa dan negara terutama dirinya sendiri.

“Kalau kalian sudah menggunakan narkoba maka otaknya akan rusak, dan generasi muda kedepanya akan terus rusak. Kalau semua rusak, negara kita tidak akan maju,” tukasnya.

TEKS : ARI | EDITOR : SAUKANI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *