Ibu Ibarat Dokter, Harus Menjaga Kesehatan dan Keluarganya

14317382_1073060472789336_247941139859122042_nPALEMBANG | KSOL – Ibu derajatnya tiga tingkat dibanding Ayah. Hal ini tercantum dalam sebuah hadits Rasullulah SAW. Ketika seorang sahabat bertanya : Siapa orang yang harus aku hormati? Maka ketika itu, Rasulullah menjawab sebanyak tiga kali : Ibumu, Ibumu, Ibumu  dan baru Bapakmu.

Pernyataan Rasulullah inilah yang kemudian mengiringi sikpa empatik salah satu tokoh di Sumatera Selatan, Herman Deru terhadap jemaah Majlis Ta’lim Amaliah, Jalan R. Sukamto, Lorong Pancasari, Kecamatan Kemuning, Kota Palembang, Rabu (21/9/2016).

Mantan Bupati OKU Timur dua periode ini, mengibaratkan, ibu adalah seorang perawat yang harus bisa merawat anaknya sejak masih bayi. Ibarat lainnya, kata ayah dari Percha Leanpuri, anggota DPD RI ini, ibu sebagai seorang dokter yang harus bisa menjaga kesehatan keluarganya. Seorang ibu selalu siap terjaga apabila anaknya sakit.

“Semua upaya dilakukan oleh ibu agar semua anggota keluarganya selalu sehat. Untuk itu, seorang ibu harus bisa menjaga kesehatan tubuhnya sendiri karena harus melakukan segudang tugas yang butuh kekuatan fisik,” kata Deru.

Lebih lanujut, salah satu calon Gubernur Sumatera Selatan ini mengatakan, setelah hamil dan melahirkan anaknya, ibu juga harus memandikan, mengganti popok, memakaikan baju, menyusui, menyiapkan makanan  dan mengerjakan tugas-tugas lainnya. “Tak hanya itu, ibu juga harus memberikan perlindungan, perhatian, dan kasih sayang yang tulus pada anaknya,” tegasnya.

Menurutnya, peran ibu sangat sentral dalam dalam urusan rumah tangga. Ibu memiliki peran yang sangat banyak (multitasking). Dari soal dapur hingga mengurus anak. Oleh sebab itu, terhadap peran seorang ibu, menekankan pentingnya menghargai dan menghormati ibu, bagi generasi bangsa hari ini dan masa mendatang.

TEKS/FOTO : TIM MC-HD | EDITOR : IMRON SUPRIYADI




Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com