Respon Telex Bupati dan Edaran Mendagri, Pembuatan e-KTP Kecamatan Lawang Kidul Jemput Bola

TANJUNG ENIM |  KSOL – Menindaklanjuti Telek Bupati Muara Enim tanggal 29 Agustus 2016 Nomor. : 471/843/PENCAPIL-DAFDUK/2016 tentang percepatan perekaman e-KTP, Pemerintah ‎Kecamatan Lawang Kidul melakukan perekaman e-KTP secara jemput bola di Desa/Kelurahan yang ada di Lawang Kidul. Kegiatan tersebut di lakukan dari tanggal 19-29 September 2016.

Hal itu dikatakan Camat Lawang Kidul, Drs Rachmat Noviar, M.Si melalui Kasi Pemerintahan kecamatan Lawang Kidul, Burlian Effendi kepada Reporter RGBA FM, dijumpai di sela kegiatan perekaman di Balai Kelurahan Pasar Tanjung Enim, Selasa (20/9/16).

Dikatakan Burlian,hal itu juga tertuang dalam Surat Edaran Menteri Dalam Negeri yang memberikan kelonggaran batas waktu perekaman data Kartu Tanda Penduduk (e-KTP), yang semula di deadline sampai September 2016, di perpanjang hingga pertengahan 2017.

Suasana perekaman e-KTP di Kec. Lawang Kidul Kab. Muaraenim Sumsel

Salah satu warga sedang melakukan perekaman e-KTP di Kec. Lawang Kidul Kab. Muaraenim Sumsel

“Ada baiknya juga memang, karena masih banyak warga yang belum melakukan perekaman (data) KTP elektronik. Jadi ini kesempatan untuk masyarakat yang belum sempat melakukan perekaman,” ujar Burlian.

BACO JUGO : Lurah Tanjung Enim : Ada 1000 Lebih Warganya Belum Melakukan Perekaman e-KTP

Ia pun mengimbau kepada masyarakat yang belum pernah melakukan perekaman e-KTP silakan datang di kantor desa/kelurahan masing-masing dengan membawa fotocopy Kartu Keluarga (KK) dan fotocopy ijazah/akte (khusus wajib KTP pemula).

Ditambahkan, petugas perekaman e-KTP kecamatan Herwinsyah A Md dan Maizar, kemarin (Selasa, 20/9/2016) adalah hari kedua setelah kemarin pihaknya sudah melakukan jemput bola perekaman e-KTP di Kelurahan Tanjung Enim, kemarin, Senin (19/9/16) dan hari Selasa (20/9/16), giliran Kelurahan Pasar Tanjung Enim.

Suasana antrian perekaman e-KTP di Kec. Lawang Kidul Kab. Muaraenim Sumsel

Suasana antrian perekaman e-KTP di Kec. Lawang Kidul Kab. Muaraenim Sumsel

“Dewi juga menyebutkan, sejak 3 tahun lalu ada sebagian warga yang sudah melakukan perekaman, namun e-KTP-nya baru diambil di tahun ini”

“Pada Hari Rabu (21/9/16) jadwalnya kita melakukan perekaman e-KTP jemput bola di Kelurahan ‎Tanjung Enim Selatan (TES), kemudian Kamis (22/9/16) giliran Desa Tegalrejo. Dan Dilanjut lagi pada 27-29 September 2016 untuk Desa Lingga,Keban Agung dan Darmo,” jelasnya.

Adapun tahapan perekaman e-KTP yang dilakukan setiap peserta, pertama melakukan rekam foto digital, kemudian tanda tangan digital, dilanjutkan rekam sidik jari dan iris mata, serta terakhir verifikasi sidik.

“Alhamdulillah, untuk di Kelurahan Tanjung Enim kemarin kita sudah berhasil merekam sebanyak 70 orang. Dan sepertinya untuk di kelurahan Pasar Tanjung Enim lebih banyak ini, melihat dari animo masyarakat yang datang hari ini,” pungkasnya.

Lurah Sambut Baik

Dewi Resmini BA, Lurah Pasar Tanjung Enim,

Dewi Resmini BA, Lurah Pasar Tanjung Enim,

Menanggapi metode jemput bola dalam pembuatan e-KTP, Lurah Pasar Tanjung Enim, Dewi Resmini BA mengatakan, dirinya sangat senang, karena masyarakat tidak terlalu jauh untuk melakukan perekaman e-KTP.  Program ini menurutnya dapat lebih membantu dan memudahkan warganya untuk perekaman data e-KTP.

“Lokasinya kan jadi dekat, karena hanya di kelurahan dan tidak perlu jauh datang ke kantor camat di wilayah Keban Agung dan ke Kantor Capil di Kabupaten Muara Enim. Kedua bagi yang kerja kan bisa izin sebentar, begitu juga warga bisa menghemat waktu dan ongkos,” ujarnya, Selasa (20/9/16).

Dewi juga menyebutkan, sejak 3 tahun lalu ada sebagian warga yang sudah melakukan perekaman, namun e-KTP-nya baru diambil di tahun ini.

“Mereka sudah merekam 3 tahun lalu. Mereka ramai-ramai datang ke kantor camat. Namun ada anaknya yang e-KTP-nya belum jadi. Kalau keluarganya yang lain sudah ada, tapi anaknya yang satunya itu belum dapat. Tadi dia sempat tanya ke petugas kecamatan dan disarankan untuk datang langsung ke kantor capil Muara Enim,” jelas Dewi.

TEKS/FOTO : HENDRO ALDO IRAWAN, REPORTER RGBA FM | EDITOR : IMRON SUPRIYADI‎




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *