Perhatikan 3 Kunci Ini Jika Ingin Membuka Restoran

JAKARTA | KSOL  — Jika Anda jalan-jalan ke suatu daerah, bisa dipastikan Anda akan menyisipkan agenda makan di restoran khas di daerah tersebut. Restoran dan berbagai tempat kuliner pun kini menjamur di hampir semua daerah. Mereka berlomba-lomba untuk menyajikan menu autentik yang akan diburu banyak orang.

Kini, tak hanya menyajikan makanan tradisional, dengan mudahnya Anda bisa menemukan rumah makan yang menyajikan mmakanan khas Meksiko, makanan khas Cina, makanan khas Italia, makanan khas Thailand, hingga makanan khas Perancis. Tak bisa dipungkiri bahwa kuliner kini telah menjadi sebuah gaya hidup (lifestyle).

Menjamurnya restoran di Indonesia bahkan di seluruh belahan dunia menjadikan banyak orang yang memang memiliki passion di bidang kuliner ingin mendirikan sebuah restoran favorit bagi banyak orang, direkomendasikan di media sosial hingga media ternama nasional maupun internasional. Namun, mendirikan restoran nyatanya tidak semudah itu.

Mendirikan sebuah restoran bukan sekadar menciptakan menu, menghadirkan suasana restoran yang nyaman dengan arsitektur yang bagus, hingga meraih banyak pelanggan, namun juga bicara seputar mencari ilmu dan belajar berbagai strategi dan teknik di luar membuat menu.Ada berbagai hal yang luput dari perhatian seorang chef dalam membuka restoran. Padahal hal-hal inilah yang merupakan kunci suksesnya sebuah restoran. Berikut adalah hal-hal yang perlu Anda perhatikan:

Pastikan Keamanan Bahan-Bahan Makanan

Keamanan bahan-bahan baku untuk sajian menu di restoran Anda merupakan hal yang penting. Restoran harus menjamin keamanan pangan atau sering disebut food safety. Jangan sampai ada pelanggan yang mengalami gangguan kesehatan usai menyantap sajian menu restoran Anda. Maka dari itu, chef dan operator restoran harus mempelajari dan menerapkan praktik food society.

Banyak berbagai cara yang harus dipraktikan untuk memastikan keamanan bahan makanan Anda. Pastinya di setiap negara sudah menentukan aturan mengenai food society. Namun, ada beberapa hal dasar untuk memastikan keamanan bahan makanan seperti pastikan sumber bahan makanan aman (safe source), simpan bahan makanan di suhu yang tepat (safe temperature), pastikan proses memasak sudah benar, terutama untuk daging (proper cooking), dan pastikan produksi makanan tidak membahayakan lingkungan, di mana pembuangan limbah harus diperhatikan secara tepat (proper handling).

Kendalikan Harga Menu dengan Tepat

Jika Anda sedang mengoperasikan sebuah restoran atau baru saja ingin mendirikannya, Anda harus ekstra hati-hati untuk menghitung atau menentukan harga menu. Jangan sampai harga menu yang Anda sajikan tidak rasional. Caranya, Anda harus membuat persentase mengenai keuntungan dan kerugian yang Anda dapatkan jika menjual suatu menu. Kegiatan ini dikenal dengan nama food costing di mana perhitungannya yang tepat yakni dengan menggunakan rumus ((persediaan awal + pembelian) – persediaan akhir/penjualan makanan).

Kuncinya, adalah Anda harus mengetahui secara tepat jumlah persediaan yang Anda miliki, berapa pengeluaran Anda, dan berapakah total harga yang Anda juaL. Dengan begini Anda akan mendapatkan keuntungan dengan perhitungan yang tepat.

Buatlah Menu yang Autentik

Arsitektur restoran yang menarik dan kenyamanan bukanlah faktor penarik pelanggan yang utama. Menu yang autentik adalah salah satu faktor utama yang menjadikan sebuah restoran dipadati pelanggan. Membuat menu yang autentik memang menantang. Terkadang chef merasa tidak percaya diri ketika mereka ingin membuat sajian menu yang autentik dikarenakan selalu terpaku dengan menu tradisional yang sudah menjadi comfort food banyak orang.

Selain itu, kendala yang dialami chef biasanya adalah saat mempersiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan. Berbagai produk dalam kemasan dengan bumbu-bumbu berkualitas pun seringkali jadi penyelamat untuk menciptkan hidangan berkelas dengan waktu pengerjaan yang padat, salah satu brand yang kerap digunakan para chef untuk mencapai kualitas yang diinginkan, dengan waktu terbatas adalah produk-produk dari Knorr, mulai dari bumbu penyedap hingga saus.

Jangan khawatir dengan cita rasa yang akan dihasilkan. Pasalnya, semua produk Knorr memberikan ruang untuk chef bisa berkreasi. Chef pun bisa menambahkan cita rasa miliknya. Jadi keautentikan sebuah menu bisa tetap terjaga.

Knorr menghadikan berbagai pilihan bumbu penyedap hingga saus. Untuk saus, Knorr menyediakan saus Panggang, Keju, Carbonara, hingga Knorr Paste Italian Herbs. Untuk kaldunya pun lengkap, ada kaldu ayam, daging, hingga sayuran. Untuk bumbu penyedapnya pun terdiri dari berbagai varian, mulai dari hidangan Asia hingga Italia. Membuat sajian menu pun menjadi lebih praktis, tapi tidak mengesampingkan cita rasa khas seorang chef. Jika Anda termasuk salah satu yang belum pernah mencoba menggunakan produk ini, klik di sini untuk mendapatkan free sample produk Knorr!

TEKS : CNN INDONESIA.COM




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *