SMK BINA MULYA SIAP MENUJU SEKOLAH RUJUKAN DI MUARA ENIM ‎

TANJUNG ENIM | KSOL– Upaya peningkatan mutu pendidikan di era digital terus dilakukan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di tanjung Enim. Salah satu program yang sedang digulirkan peningkatan koordinasi mutu antara Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan (PSMK) dengan SMK) Rujukan.

Guna mewujudkan tujuan itu,Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, melalui‎ Direktur Pembinaan SMK, Drs M Mustaghfirin Amin MBA mengundang SMK Bina Mulya Tanjung Enim dalam rapat dalam jaringan (online) yang menggunakan Video Conference. Kegiatan tersebut rencanya akan digelar Rabu, (14/9/16), dari pukul 10.00-12.00 WIB.

Meriana SE, Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) SMK Bina Mulya bidang Kurikulum, kepada Reporter RGBA FM mengatakan, saat ini pihaknya sedang melakukan ‎uji coba aplikasi Video Conference antara Direktorat PSMK dengan SMK Rujukan di ruang laboratorium komputer SMK Bina Mulya Tanjung Enim, Kabupaten Muara Enim, Selasa (13/9/16).

“Alhamdulillah untuk di Kabupaten Muara Enim, SMK Bina Mulya menjadi salah satu sekolah rujukan dari 4 sekolah kejuruan di Muara Enim. Sekolah lainnya SMK Negeri 1, SMK Negeri 2 Muara Enim, dan SMK Negeri 1 Gelumbang,” ujarnya.

Pihak SMK Bina Mulya saat ini tengah melakukan persiapan dengan sejumlah peralatan, diantaranya penyediaan SDM sebagai operator, perangkat komputer atau laptop. Peralatan itu dilengkapi fitur webcam dan audio, koneksi internet minimal 512 Kbps dan mengisi formulir online di http://tinyurl.com/smkrujukan.

Di jelaskannya, SMK Rujukan adalah sebuah SMK dengan kinerja dinilai bagus, memiliki akses luas dan efektif dalam hal pengelolaan institusi. SMK Rujukan ini menurut Meriana, nantinya akan menjadi sekolah induk (aliansi) bagi 3 atau 4 SMK sejenis yang skalanya lebih kecil yang lokasinya tidak berjauhan di suatu daerah. SMK aliansi tersebut, dapat memanfaatkan fasilitas maupun sumber daya yang terdapat di SMK rujukannya.

“Intinya kita sebagai sekolah rujukan menerima siswa dari kalangan manapun dan di manapun, tanpa membedakan-bedakan status sosial. Semua akan kita didik agar semakin pintar dan mempunyai wawasan, itulah fungsi dari sekolah,” terangnya.

Dimulainya  ‎uji coba aplikasi Video Conference ini menurut Meriana, sekaligus memastikan SMK Bina Mulya Tanjung Enim sedang menuju salah satu sekolah rujukan di Kabupaten Muara Enim.‎

TEKS : HENDRO ALDO IRAWAN, REPORTER RGBA FM | EDITOR : IMRON SUPRIYADI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *