DP3 Empat Lawang Siapkan 2 Dokter Hewan di RPH

Kepala DP3 Empat Lawang, Rudianto

Kepala DP3 Empat Lawang, Rudianto

EMPAT LAWANG | KSOL – Pemkab Empat Lawang melalui Dinas Pertanian Perikanan dan Perternakan (DP3) menjanjikan, rumah potong hewan (RPH) di Jalinsumteng Desa Lubuk Kelumpang mulai difungsikan 2017 mendatang.

Selain kelengkapan fasilitas dan peralatan pemotongan hewan, DP3 juga akan menempatkan 2 orang dokter hewan. “Kita maksimalkan 2017, disiapkan juga dokter hewan 2 orang untuk memastikan kesehatan hewan dipotong,” ungkap Kepala DP3 Empat Lawang, Rudianto, kemarin (25/8/2016).

Selain jaminan kesehatan hewan, akan disiapkan juga jadwal khusus pemotongan. Agar nanti masyarakat Empat Lawang, tidak lagi memotong hewan yang akan di pasarkan secara manual tanpa pengawasan.

Saat ini, RPH di Empat Lawang sudah ada MoU dengan pemkab, berdasarkan perda ni 18 tahun 2008 tentang retribusi RPH bisa dikelolah oleh swasta ataupun pemkab Empat Lawang.

Secata administrasi, imbuh Rudianto, RPH sudah difungsikan, melalui cv. Abil jaya perkasa(pihak ketiga) untuk mengelolanya supaya dapat menambah Pendapatan asli daerah (PAD) dan pemasukan, tahun ini sudah diuntungkan. Meskipun secara tekhnis pemotongan belum di RPH itu. “Memang kita akui perlatan di RPH belum lengkap,” imbuhnya.

Informasi dihimpun kabarsumatera.com, RPH di jalinsum desa Lubuk Kelumpang kecamatan Saling, belum difungsikan bahkan terlihat kurang terawat. Sejak dibangun 2012 lalu, belum terlihat ada aktivitas pemotongan hewan dari Dinas Terkait. Warga berharap, RPH bisa segera difungsikan, karena sayang jika dibiarkan terbengkalai. “Sayang saja, kok ini dibiarkan seperti kurang terawat. Kalau butuh tenaga kerja, ya kalau sekedar petugas kebersihan banyak yang mau,” ungkap An (36) mengaku warga Desa Lubuk Kelumpang.

TEKS : ARI  | EDITOR : SAUKANI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *