Belum Ada Titik Api di Empat Lawang

EMPAT LAWANG | KSOL – Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Empat Lawang memastikan, hingga saat ini belum ada titik api kebakaran hutan di bumi saling keruani sangi kerawati.Kepala BPBD Empat Lawang, khairullah menjelaskan, belum ada informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Sumatera Selatan mengenai lahan gambut yang ada di Kabupaten Empat Lawang.

“saat ini 10 kecamatan yang ada di Empat Lawang semuanya aman karena tidak ada titik api,” kata Khairullah, belum lama ini.

Selain itu, imbuhnya, BPBD Empat Lawang sudah melakukan survei dan pengecekan manual ke 10 kecamatan. Karena memang, di Empat Lawang tak ada lahan gambut dan potensi kebakaran hutan juga tidak banyak.Penanggulangan bencana sendiri, banyak melibatkan beberapa pihak untuk membantu seperti Polres, Koramil, Sat Pol PP, Dishutbuntamben dan pastinya peran dari masyarakat.

“Kita pantau terus, nanti kalau ada potensi titik api segera kita tangani dan laporkan,” jelas Khairulah menambahkan, agar masyarakat yang ada Empat Lawang tak lagi membakar hutan untuk membuka kebun. “Jangan buang puntung rokok sembarangan, ini musim panas akan mudah sekali terjadi kebakaran,” imbaunya.

Terpisah, Kepala Dinas Kehutana Perkebunan Pertambangan dan Energi (Dishutbuntamben) Empat Lawang, H Susyanto Tunut mengatakan, pihaknya siap membantu dan berkoordinasi dalam penanganan kebakaran hutan.”Kita juga melakukan pengawasan dan pembinaan, agar petani tidak membakar lahan untuk membuka kebun. Apalagi di kawasan hutan,” tukasnya.

TEKS : ARI  | EDITOR : SAUKANI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *