Travel ke Bengkulu Pun Sudah Lewat Jalan Poros HM Noerdin Pandji

EMPAT LAWANG | KSOL – Jalan Noerdin Pandji (Jalan Poros Tebing Tinggi – Pendopo) hampir seratus persen kelar. Saat ini jalan poros yang panjangnya mencapai 28 kilometer itu hanya menyisahkan 7 kilometer yang belum diaspal.

“Akhir Oktober atau awal November semuanya selesai Open Traffic, namun dengan catatan cuaca bagus. Jika jalan poros selesai Tebing Tinggi ke Pendopo atau sebaliknya hanya butuh waktu kurang lebih 30 menit,” ujar Kepala Dinas PU Bina Marga Empat Lawang, H Fauzi, kemarin (23/8/2016).

thumb_886581_10090204022016_jalan_noerdin

Gubernur Sumsel Ir H Alex Noerdin saat meresmikan Jl Noerdin Pandji

Dikatakan Fauzi, kendaraan sudah banyak yang menggunakan jalan poros, bahkan mobil travel jurusan Tebing Tinggi – Bengkulu atau Pagaralam juga banyak yang menggunakan jalan poros. Selain itu warga Pendopo sudah banyak menggunakan jalan poros untuk pergi ke kebun dan sawah mereka.

“Perbedaan jaraknya jika menggunakan jalan lama cukup banyak. Selisihnya mencapai puluhan kilometer. Kalau warga Pendopo mau ke kebun sudah banyak yang menggunakan jalan poros,” jelasnya.

Fauzi mengulas, titik nol Jalan Noerdin Panji di Kecamatan Pendopo. Titik nol hingga kilometer 10 sudah diaspal dan kilometer 10 hingga 17 belum masih dalam pengerjaan. Selebihnya kilometer 17 hingga kilometer 28 (Tebing Tinggi) sudah diaspal.

“Ada satu titik kilometer 18 belum diaspal, memang kami pending pengaspalannya karena menyelesaikan pembangunan beronjongnya dulu. Setelah selesai baru kami aspal,” kata Fauzi.

Pengerjaan yang paling sulit, dikatakan Fauzi yakni di tebingan kilometer 14. Kemiringan tebing sekarang sekitar 18 persen, sedangkan standarnya 10 persen. Pihaknya berencana akan kami menimbun bagian jalan sehingga kemiringan menjadi 12 persen.

“Ada enam titik tebingan curam, lima di antaranya telah selesai dipangkas dan ditimbun. Di kilometer 14 ini masih dalam proses pengerjaan,” tukasnya.

TEKS : SAUKANI  |  EDITOR : IMRON SUPRIYADI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *