Rela Terjemur Demi Nonton Pawai Pembangunan HUT RI

EMPAT LAWANG | KSOL – Kemeriahan HUT RI ke 71 di Kabupaten Empat Lawang, khususnya di Ibukota Kecamatan Tebing Tinggi sangat dinantikan warga. Buktinya, kemarin (18/7/2016) sekitar pukul 14.00 WIB, ribuan warga memadati jalinsumteng di sekitaran Kelurahan Pasar dan Tanjung Kupang, rela terjemur terik matahari demi menyaksikan karnaval atau pawai pembangunan.

20160818_143329

Pelepasan pawai pembangunan

20160818_153609

Suasana pawai pembangunan

20160818_145153

Pawai pembangunan

“Ini setahun sekali pak rugi kalau idak nonton, dak apolah panas asal biso ikut menyaksikan kemeriahan HUT RI,” ungkap Nur (35) warga Desa Pancurmas, Tebing Tinggi dibincangi kabarsumatera.com.

Senada diakui Rosmala (46), warga lainnya, puncak kemeriahan HUT RI saat menyaksikan pawai pembangunan, selain itu dirinya bersama keluarga rela berpanas ria dibawah terik matahari, karena memang ada salah satu anaknya yang ikut dalam barisan karnaval. “Anak aku melok drumband, sambil nonton aku nyiapke banyu minum buat anak aku kalo lewat agek,” ungkap ibu paruh baya itu dengan logat daerah.

Uniknya lagi, selain rela berpanas ria, tak sedikit juga warga dari daerah pertalangan (dusun, red) mengaku rela berjalan kaki, demi menyaksikan karnaval atau pawai pembangunan.

Untuk diketahui, pawai pembangunan dalam rangka HUT RI ke 71 di Empat Lawang diikuti ribuan peserta, terbagi menjadi 2 kelompok, yaitu pawai mobil hias diikuti 19 peserta dari SKPD, BUMN dan Bank, sedangkan karnaval anak sekolah dan umum diikuti oleh 27 kelompok peserta mulai dari SD,SMP,SMA Sederajat dan 56 kelompok peserta dari SKPD sudah termasuk masyarakat umum. Selain itu, kemeriahan pawai diisi atraksi beberapa grup drumband sekolah di Empat Lawang.

Tak bisa dihindari, kepadatan dan kemacetan arus lalu lintas berlangsung sekitar 2 jam. Selain ramainnya peserta pawai, ditambah ribuan warga yang tumpah kebadan jalan ikut menyaksikan kemeriahan pawai pembangunan terutama di kawasan Pasar Tebing Tinggi.

“Alhamdulillah pesertanya sangat banyak, tahun mendatang diupayakan lebih meriah dan ramai lagi. Semoga bisa memotifasi rasa cinta tanah air generasi muda,” kata Azhari, ketua panitia pawai pembangunan, juga Kepala Dispora Empat Lawang.

Start pawai pembangunan dilepas Assisten I Setda Empat Lawang, Lukman Panggarbessi dihalaman Pemkab Empat Lawang. Sedangkan finish di depan Mapolres Empat Lawang disambut oleh Sekda, Edison Jaya di panggung kehormatan.

Sementara itu, Plt Sekda Kabupaten Empat Lawang, Edison Jaya menyambut baik kegiatan karnaval pawai pembangunan. Ia merasa sangat senang karena melihat antusias yang membeludak dari peserta maupun dari ribuan masyarakat yang menyaksikan kegiatan disepanjang Jalinsumteng pasar Tebing Tinggi.

Pawai pembangunan, kata Edison, sebagai bentuk peringatan perjuangan kemerdekaan, mengingatkan betapa sulitnya perjuangan para pahlawan merebut kemerdekaan. Selain itu, pawai pembangunan bertujuan menampilkan program kerja dan capaian pembangunan kepada masyarakata, sebagai motifasi positif membangun daerah. ” Alhamdulillah kegiatan ini berjalan dengan lancar. Pesertanya banyak belum lagi ribuan masyarakat menyaksikan pawai ini,” kata Edison berharap, semoga dengan HUT RI yang Ke 71 ini, bisa menumbuhkan semangat persatuan dan kesatuan, gotong royong, semangat kerja dan kebersamaan dalam membangun Kabupaten Empat Lawang.

TEKS/FOTO : ARI | EDITOR : SAUKANI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *