BUMN UNTUK NEGERI, SEMARAKKAN DIRGAHAYU RI KE-71 DI TANJUNG ENIM

TANJUNG ENIM | KSOL –  Rangkaian kemeriahan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT KE-71 RI 2016 di Tanjung Enim, Kabupaten Muara Enim sedikit berbeda dari tahun sebelumnya.  Hal itu dikarenakan adanya program Kementerian BUMN ‎yang mengharuskan setiap perusahaan Badan Umum Milik Negara (BUMN) untuk ikut berkontribusi, tidak hanya untuk negara namun kepada masyarakat di sekitar ring 1 perusahaan.

Diawali dengan menerima program pelajar Siswa Mengenal Nusantara (SMN) Sumatera Selatan ke PT Bukit Asam (persero) Tbk dari tanggal 30 Juli sampai 2 Agustus 2016, kemudian mengirimkan sebanyak 20 perwakilan pelajar berprestasi dan 3 guru pendamping setingkat SMA/SMK dan SLB di Kabupaten Muara Enim dan Lahat ke Provinsi Maluku Utara (Indonesia Timur) guna melakukan pertukaran kebudayaan.

Sementara di hari yang sama, Provinsi Sumatera Selatan juga menerima kedatangan 20 perwakilan pelajar dari Ternate Maluku Utara untuk melihat potensi wisata, budaya,pendidikan, dan dunia pertambangan batu bara Bukit Asam di Tanjung Enim,Sumatera Selatan, dari tanggal 7-9 Agustus 2016.

Ketua panitia HUT RI ke-71 PTBA Yadi Pusanto saat malam acara puncak gebyar merah putih, di Fasilitas Umum (Fasum) Lapangan Eks Sentral Lama PTBA Tanjung Enim, Rabu (17/8/16) ‎menjelaskan, rangkaian kegiatan HUT RI ke 71 di PTBA dan BUMN hadir untuk negeri tahun 2016 yakni dengan menggelar upacara peringatan HUT RI di kantor PT Pusri Palembang dan di depan kantor pusat PTBA Tanjung Enim pada 17 Agustus 2016.

Kemudian pembinaan narapidana oleh PTBA dan PT Pusri, Penyediaan sarana air bersih seperti pembuatan sumur atau pemberian sarana pengaliran/penampungan/pengelolaan air bersih yang sudah dilaksanakan oleh PTBA dengan melakukan pembuatan sumur di Lapas kelas II B Muara Enim dan pemberian air bersih gratis untuk masyarakat Talang Jawa.

“Ya selain itu ada juga penyediaan sarana mandi cuci kakus (MCK) yang akan dilaksanakan di pasar tradisional Tanjung Enim dengan di koordinir oleh pemerintah daerah. Kemudian tempat penitipan anak yang akan dibangun di pasar tradisional Tanjung Enim juga di koordinir oleh pemerintah daerah. Pembinaan mantan atlit nasional sebanyak 4 orang oleh PTBA dan Pusri dalam bentuk pelatihan dalam bentuk keahlian/skill sebagai bekal wirausaha dan bantuan modal kerja serta pendampingan selama 6 bulan,” urainya.

Selain itu lanjutnya, juga dilakukan pem‎binaan desa berupa penyuluhan terkait pengembangan keahlian/skill warga desa yang akan dilakukan di 4 desa di lokasi sekitar Unit Pertambangan Tanjung Enim (UPTE).

Elektrifikasi rumah tangga yang belum teraliri listrik yaitu Rumah Tangga menjadi pelanggan PLN sebanyak 100 rumah tangga, Jalan sehat 5 KM yang di ikuti sebanyak 5000 peserta. Menyediakan pasar murah sebanyak 2.500 paket dari PTBA dengan bekerjasama dengan pengurus PKK Muara Enim dalam pelaksanaannya, dan terakhir di tutup dengan berbagai kegiatan panjang pinang di lapangan Fasum eks Sentral PTBA, Perahu bidar di Sungai Enim Talang Gabus,Lomba untuk anak-anak dan pemutaran film tentang pendidikan di GSG PTBA.

Dikatakannya, perhelatan kegiatan itu semua merupakan bagian dari program besar “BUMN Hadir Untuk Negeri” dalam rangka memeriahkan HUT ke-71 kemederkkaan RI.

“Pada kesempatan ‎ini kami mewakili seluruh panitia mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terkait atas dukungan/sumbangan sehingga pelaksanaan atau kegiatan-kegiatan ini dapat berjalan dengan dan mohon maaf bila masih terdapat kekurangan dalam pelaksanaannya. Mudah-mudahan kegiatan seperti ini kedepan dapat terus di pertahankan dengan mengisi kemerdekaan dengan hal-hal yang positif serta bisa menjaga keamanan dan ketentraman bersama,” pungkasnya.

TEKS : HENDRO ALDO IRAWAN – REPORTER RGBA FM | EDITOR : T PAMUNGKAS




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *