107 Napi Rutan Tebing Tinggi Dapat Remisi, 2 Dinyatakan Bebas

EMPAT LAWANG | KSOL –  Peringatan HUT RI ke 71 tahun 2016 ini, turut memberi angin segar bagi narapidana (Napi) di rumah tahanan (Rutan) Tebing Tinggi. Dari 174 napi, tercatat 107 orang menerima pemotongan masa tahanan (Remisi), dua orang diantaranya dinyatakan bebas.

Kepala Rutan Tebing Tinggi, Kabupaten Empat Lawang, Abdul Hakim Amer mengatakan, pemberian hak remisi bagi para tahanan ini, merupakan hak bagi Napi yang telah menjalani masa hukuman 6 bulan.

“Remisi itu merupakan hak warga binaan yang telah menjalani masa tahanan 6 bulan. Semua Napi yang menerima remisi, sudah sesuai dengan kriteria yang ada,” ungkap Abdul, kemarin (17/8/2016).

Ia merincikan, pemberian remisi kepada 107 orang napi dua orang dinyatakan bebas yaitu Budiman dengan potongan 1 bulan dan Yayan dengan potongan 2 bulan. Remisi lainnya, potongan 6 bulan 1 orang, 5 bulan  6 orang, 4 bulan 13 orang, 3 bulan 20 orang, 2 bulan 22 orang dan 1 bulan 40 orang.

Lebih jauh dikatakannya, jumlah warga binaan Rutan Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang, sudah melebihi kapasitas Rutan yang hanya diperuntukan bagi 90 orang penghuni. “Saat ini sudah overload. Seharusnya cuma untuk penghuni sebanyak 90 orang, namun saat ini sudah 174 orang,” imbuhnya.

Jumlah penghuni Rutan Tebing Tinggi, terdiri dari 134 orang Napi dan 40 orang tahanan, 4 diantaranya adalah Napi wanita. “Persoalan kita Napi perempuan ini, seharusnya memiliki sel jauh terpisah, tidak seperti sekarang ini,”tukasnya.

TEKS : ARI | EDITOR : SAUKANI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *