Maksimalkan PAD, RPH Empat Lawang Dikelola Pihak Ketiga

 

Rudianto, Kepala DP3 Empat Lawang

Rudianto, Kepala DP3 Empat Lawang

EMPAT LAWANG | KSOL — Rumah Potong Hewan (RPH) di Empat Lawang sudah difungsikan. Namun, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Empat Lawang tidak mengelola langsung. Dalam mengoperasikan RPH tersebut, menjalin kerjasama dengan pihak ketiga atau rekanan. Dan hanya menerima retribusi saja dari pihak rekanan tersebut.

Kepala Dinas Pertanian, Perikanan dan Peternakan (DP3) Empat Lawang, Rudianto mengatakan, pihaknya telah melakukan memorandum of understanding (MoU) dengan pihak ketiga untuk pengelolaan RPH tersebut sejak Januari lalu. “Iya kita lakukan MoU dengan pihak ketiga. Itu tidak melanggar Perda,” ujar Rudianto.

Pemkab Empat Lawang menargetkan ke pihak ketiga untuk pengelolaan RPH itu sebebar Rp15 juta pertahun sebagai Pendapatan Asli Daerah (PAD). “Dengan rincian sapi Rp30 ribu perekor, dan kambing Rp5 ribu perekor,” jelasnya.

Dengan dikelola oleh rekanan itu, untuk pemotongan hewan tidak musti dilakukan di RPH yang telah disediakan di Kecamatan Saling. Akan tetapi, kembali ke pihak rekanan inginnya mereka melakukannya dimana pun. “Itu hak mereka, kalau sekarang RPH seperti belum ada yang motong. Karena mereka banyak melakukan pemotongan di Muara Pinang. Itu sah-sah saja,” tukasnya.

TEKS : SAUKANI  | EDITOR  : IMRON SUPRIYADI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *