PERTUKARAN KEBUDAYAAN, PELAJAR SMN MALUKU UTARA KUNJUNGI PTBA

TANJUNG ENIM I  KSOL – Untuk menambah wawasan sekaligus untuk membuktikan peran BUMN ‎dalam meningkatkan kesejahteraan dan berkontribusi kepada negara dan masyarakat serta menyambut Dirgahayu Republik Indonesia ke-71, Badan Umum Milik Negara (BUMN) PT Bukit Asam (persero) Tbk Tanjung Enim bersama PT Pupuk Sriwidjaja (Pusri) Palembang menggelar kegiatan untuk pelajar Siswa Mengenal Nusantara (SMN) Provinsi Maluku Utara. Kegiatan tersebut dipusatkan di Rec Hall Basecamp PTBA Tanjung Enim, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan, 7-9 Agustus 2016.

GM UPTE PT Bukit Asam Suhedi (Kiri) didampingi Ketua Panitia Juliana, Guru Pembimbing SMN Maluku Utara Nona Yusuf dan Kepala SMK BA Sri Indarti Saat Bernyanyi Bersama

GM UPTE PT Bukit Asam Suhedi (Kiri) didampingi Ketua Panitia Juliana, Guru Pembimbing SMN Maluku Utara Nona Yusuf dan Kepala SMK BA Sri Indarti Saat Bernyanyi Bersama

Ketua panitia pelaksana kegiatan Juliana dalam laporannya menjelaskan, bahwa program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) dari Provinsi Maluku Utara ini melibatkan sebanyak 20 perwakilan pelajar dari 20 sekolah yang ada di Maluku Utara dan juga melibatkan 4 guru pendamping yakni Drs H Ruslan Mustafa MSI Kabid Dinas Pendidikan Maluku Utara, Suparno Spd guru berprestasi, Nona Yusuf Amd dan Drs Kamaludin Ahmad.

“Kegiatan ini selama 3 hari dari tanggal 7-9 Agustus 2016. Sebelumnya kami juga pada tanggal 30 Juli- 2 Agustus 2016, menerima kunjungan tim SMN Sumsel sebanyak 27 orang terdiri dari 20 pelajar, 2 orang guru pendamping, 2 dari PT Pusri dan 3 Driver,”ujar Juliana yang juga menjabat sebagai Manager Perencanaan CSR dan Bina Wilayah PTBA.

Dikatakannya, peserta pelajar Siswa Mengenal Nusantara (SMN), selama di PTBA Tanjung Enim melakukan kunjungan ke berbagai fasilitas olahraga di PTBA seperti lapangan Bowling, Futsal Stadium, Golf,Kolam Renang, Fitnes Center, Gedung Olah Raga (GOR), Kantor PTBA, dan SMK Bukit Asam. Selain itu juga lanjut Juliana, rombongan juga mengunjungi lokasi Tambang Air Laya (TAL) seperti areal Anjungan TAL,TLS 1, Stockfile 1 dan pembibitan.

“Kita juga menyaksikan pentas kebudayaan dari Maluku Utara berupa persembahan pengenalan pakaian adat, Lagu dan tari daerah yakni dengan judul Borero, Tarian Cakalele, Soya-Soya dan Dana-dana. Sementara dari pelajar SMK Bukit Asam membawakan Tari Saman,Nasyid dan instrumen Perkusi,”terangnya.

‎Sementara itu, General Manager (GM) Unit Pertambangan Tanjung Enim (UPTE) Suhedi mewakili managemen PT Bukit Asam (persero) Tbk dalam sambutan nya, Mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada para peserta pelajar Siswa Mengenal Nusantara (SMN) dan guru pendamping dari Provinsi Maluku Utara yang sudah datang ke PTBA Tanjung Enim, Sumatera Selatan. Meskipun kata Suhedi, dengan waktu yang sangat singkat mudah-mudahan dapat berkesan dan bisa menambah wawasan pengetahuan khususnya di dibidang kebudayaan dan dunia pertambangan.

“Dengan adanya kegiatan seperti ini selain kita bisa mengenal kebudayaan, juga kita bisa mengenal kuliner daerah disini dan yang terpenting adalah dengan adanya acara ini kami mengharapkan bahwa semua stake holder lebih memahami tentang keberadaan dari BUMN khususnya di PTBA. Tentu sesuai dengan tema atau motto “BUMN Untuk Negeri” jadi apapun yang dihasilkan dari BUMN itu sendiri adalah untuk kita semua,”ucapnya.

Menurut Suhedi, eksistensi BUMN Untuk Negeri sudah dibuktikan dari BUMN-BUMN yang ada di Indonesia dengan membantu dunia pendidikan, pembangunan perumahan dan fasilitas umum ataupun sosial dan lain sebagainya.  Ditambahkanya, Khusus untuk di Tanjung Enim pihaknya setiap tahun selalu memberikan ataupun mengalokasikan dana untuk beasiswa kepada anak-anak yang kurang mampu untuk dapat mencapai dan mewujudkan cita-citanya untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi (PT).

“Jadi kami mohon kepada stake holder semuanya, kalau ada BUMN yang ada dimana saja tolong dijaga, karena hasil nya untuk kita semua. Ya apabila selama melakukan kunjungan disini kurang berkenan dalam kami memberikan servis ataupun pelayanan, tentunya kami mohon maaf dan itulah yang bisa dapat kami berikan,”ajaknya.

” Kedepan silahturahmi ini tidak berhenti sampai disini. Kita bisa bertukaran no telepon, karena mana tau nanti ada anak-anak dari Maluku Utara ada yang bekerja disini atau sebaliknya kami akan bergantian dapat mengujungi provinsi Maluku Utara, bila di berikan kesempatan dan umur yang panjang. Pada kesempatan ini juga, kami ucap kan terima kasih kepada panitia pelaksana baik dari PTBA dan PT Pusri yang telah membantu terlaksananya kegiatan ini. Terakhir, Anak-anakku sekalian dan guru pendamping, Mudah-mudah an kunjungan singkat ini dapat lebih berkesan,” pungkasnya.

TEKS/FOTO : HENDRO ALDO IRAWAN, REPORTER RGBA FM TANJUNG ENIM   I  EDITOR : T PAMUNGKAS

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *