Kangkangi Teguran BLHD Terkait UKL/UPL, Izin PT AJM Terancam Dicabut

1925a079456eca09e414cb5202e56d00EMPAT LAWANG | KSOL — Meskipun sudah memiliki dokumen izin UKL/UPL, PT Alumngada Jaya Mandiri (PT AJM) tetap mengabaikan pengelolaan lingkungan.

Selain itu, perusahaan yang bergerak di bidang Asphalt Mixing Plant (AMP) dan Stone Crusher (Pemecah Batu) berada di Jalan Poros (Jalan Noerdin Panji) KM 11 Tebing Tinggi – Pendopo ini, dianggap telah mengangkangi atau mengabaikan teguran Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD).

Pernyataan tersebut disampaikan Kepala BLHD Empat Lawang, Mgs Ahmad Nawawi kepada wartawan, menurutnya setelah dilakukan pemantauan ke lokasi produksi PT AJM, ditemukan jika pihak PT AJM mengabaikan UKL/UPL. “Merek memiliki dokumen UKL/UPL, namun dalam prakteknya mereka mengabaikan UKL/UPL itu sendiri,” ungkap Nawawi, Senin (8/8/2016).

Dikatakannya, pada dasarnya surat teguran yang disampaikan pihak BLHD Empat Lawang, ke PT AJM sudah dilakukan sebelumnya. Namun, saat dilakukan pembinaan kembali, ternyata mereka kata Nawawi, tidak juga menjalankan UKL/UPL. “Terguran pertama mereka kangkangi, Ini teguran kedua. Jika tidak diindahkan juga, kita akan lakukan teguran ke tiga dan melaporkan hal ini ke Bupati, untuk dilakukan tindakan tegas,” jelasnya.

Nawawi menjelaskan, tindakan tegas yang akan diambil nantinya, antara lain pencabutan izin sementara hingga pencabutan izin secara permanen. Bahkan kata Nawawi, bisa saja pihak perusahaan dapat dipidanakan sesuai dengan aturan perundang-undangan yang berlaku. “Jika tetap membadel, sanksinya dari pencabutan izin sementara, permanen bahkan bisa saja kita pidanakan,” tegasnya.

Di tempat yang sama, Kepala UPTD Regional 4 Dinas Pertambangan (Distamben) Sumatera Selatan (Sumsel), Tulus mengatakan, dari hasil peninjauan pihaknya ke PT AJM bersama pihak BLHD Empat Lawang, terungkap jika pihak PT AJM tidak mengantongi izin operasional Genset. Pihaknya kata Tulus, untuk tahap pertama ini, hanya melakukan pembinaan kepada pihak manjemen perusahaan.

“Mereka belum kantongi izin operasional Genset. Karena ini kali pertama kita melakukan pemantauan, kita hanya melakukan pembinaan dan diharapkan mereka segera mengurus izinnya,” tukasnya.

TEKS : SAUKANI | EDITOR : IMRON SUPRIYADI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *