DP3 Empat Lawang Akan Pastikan Kelayakan Hewan Kurban

Kepala DP3 Empat Lawang, Rudianto

Kepala DP3 Empat Lawang, Rudianto

EMPAT LAWANG | KSOL — Memasuki hari raya idul adha, yang tinggal satu bulan lagi. Dinas Pertanian, Perikanan dan Peternakan (DP3) Empat Lawang tengah mempersiapkan beberapa kegiatan guna menghadapi hari raya kurban tersebut. Diantaranya yakni membentuk tim pemantauan hewan kurban di sejumlah wilayah di Empat Lawang.

“Ada tim nanti untuk pengecekkan hewan, nanti akan keliling mereka ke sejumlah wilayah yang ada,” ujar Kepala DP3 Empat Lawang, Rudianto, kemarin (8/8/2016).Menurutnya, tim tersebut di bentuk oleh pihaknya dengan tekhnis perkecamatan. “Tim itu da dari personil DP3, ada juga satu orang dokter hewan. Nanti begerilia mengecek hewan-hewan kurban yang ada,” tuturnya.

Pengecekkan hewan kurban itu dilakukan guna memastikan apakah memang layak untuk dikurbankan. “Kita cek umur hewan itu sudah cukup atau belum. Termasuk kesehatan hewannya juga, kalau penyakitan kan artinya tak layak. Makanya perlu diterjunkan tim, agar hewan kurban yang bakal di sembelih dan dibagikan itu benar layak untuk di konsumsi masyarakat,”tegas Rudianto.

Untuk jumlah kurban di Empat Lawang di 2016 ini, Rudianto belum bisa menafsirkan secara pasti berapa jumlahnya. Namun, dia memprediksi bakal terjadi penurunan dari tahun sebelumnya lantaran perekonomian yang kian lemah ini.

“Bisa jadi akan menurun hewan kurban tahun ini. Tapi mudah-mudahan saja prediksi saya itu salah. Karena kalau urusan ibadah, kita tidak bisa memastikan, karena tidak mengurangi rezeki kalau kita mau bersedekah,” tukasnya.

TEKS/FOTO : SAUKANI | EDITOR : IMRON SUPRIYADI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *