Eselon II Banyak Kosong, Pemkab Empat Lawang Segera Buka Lelang Jabatan

EMPAT LAWANG | KSOL — Plt bupati Empat Lawang, H Syahril Hanafiah memastikan, pengisian beberapa kekosongan posisi jabatan eselon II melalui lelang jabatan segera dibuka.

Syahril mengakui, saat ini ada 4 posisi eselon II kosong, yaitu kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), kepala Disperindag, kepala Dinas Perhubungan komunikasi dan informatika serta Sekretaris DPRD.  Begitu juga Sekretaris Daerah (Sekda) yang dijabat Pelaksana tugas (Plt). Empat posisi eselon II lainnya,

“2016 ini juga kita buka (lelang jabatan, red). Kita ikuti aturan saja, siapa yang berprestasi dan sesuai kriteria nanti akan mengisi jabatan tersebut,” kata Syahril, usai melantik 11 pejabat struktural eselon III dan IV dilingkungan Pemkab Empat Lawang, Jum’at (5/8/2016).

Kenapa dikosongkan, kata Syahril, karena memang disiplin ilmunya belum tepat. Sesuai aturan pengisian jabatan eselon II harus melalui proses lelang jabatan. Selain itu, kekosongan sendiri terjadi karena pejabat sebelumnya pindah dan pensiun.

Untuk proses, panitia seleksi sudah dibentuk, dari unsur sesuai aturan lelang jabatan, misalnya akademisi, pemerintahan dan lainnya. “Kita juga akan terus berkoordinasi ke KASN, agat proses lelang jabatan nanti bisa berjalan sesuai aturan,” jelasnya.

Terkait pelantikan pejabat struktural eselon III dan IV terkesan mendadak, Syahril menampik itu. Menurutnya, pelantikan dilakukan melalui proses baperjakat dan tidak ada kesan mendadak. Selain itu, pelantikan dilakukan sebagai tindak lanjut dari rekomendasi Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), karena adanyan kesalahan prosedur pada mutasi pejabat Empat Lawang beberapa waktu lalu. “Kita sudah mengikuti arahan dari KASN, makanya dilakukan mutasi,” tegasnya.

Akan tetapi, mutasi yang dilakukan oleh Plt Bupati Empat Lawang kali ini, bukan hanya mengembalikan beberapa pejabat yang menduduki jabatan tidak sesuai dengan peraturannya, namun ada sejumlah nama yang di promosikan ke jabatan yang baru. Syahril pun tidak mau berkomentar banyak, saat ditanya awak media, apakah mutasi pejabat yang diluar arahan KASN. “Selain mengikuti arahan KASN, mutasi juga dilakukan sesuai kebutuhan yang ada,”tukasnya.

Untuk diketahui, beberapa pejabat struktural eselon III dilantik, Jum’at (5/8/2016) di ruang sekda Empat Lawang, diantaranya Sekretaris Disperindag, Suryadi Husein, sekretaris Dishubkominfo, Reza Fahlefi, keduanya secara otomatis mengisi jabatan, sebagai Plt kepala dinas. Karena posisi jabatan eselon II di kedua dinas tersebut kosong.

TEKS : SAUKANI | EDITOR : IMRON SUPRIYADI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *