Ada Lubang 2 Meter di Jalan Provinsi Penghubung Empat Lawang-Bengkulu

EMPAT LAWANG | KSOL — Kondisi Jalan raya Penghubung Kabupaten Empat Lawang menuju Provinsi Bengkulu, tepatnya di Nyawangan (hutan penghubung desa) sebelum memasuki Desa Lingge Kecamatan Pendopo Barat Kabupaten Empat Lawang kian parah.

Pantauan dilapangan, belum lama ini,  amblasnya jalan cukup lebar, hingga memakan separuh badan jalan. Kedalaman lobang mencapai sekitar 2 meter. Di dalam lobang jalan dipasang pancang kayu sebagai penanda agar kendaraan melintas terlihat adanya amblas dan memperlambat laju.

Doni (35), warga setempat yang sedang melintas, menuturkan, jalan penghubung ini kian parah, diduga lantaran adanya mata air yang membuat tanah kian tergerus. “Sebelumnya amblasnya kecil tapi kian hari amblasnya membesar, mungkin karena ada air dibawahnya dan tekanan beban kendaraan yang menyebabkan lobang jalan kian lebar dan parah,” jelas Doni.

Ia mengingatkan, para pengendara baik roda dua dan empat harus ekstra hati-hati saat melintas.“Apalagi kalau malam hari, harus benar berhati-hati, jika tidak ingin terjadi hal yang tidak diinginkan,” katanya.

Senada diungkap, Akbar (36), warga lainnya, Dirinya berharap kepada pemerintah terkait untuk segera mengecek dan memperbaiki jalan ini. “Entah itu pihak pemerintah daerah atau pun provinsi, tolong datang kesini, lihat jalan ini, karena ini menyangkut nyawa banyak orang, jangan dibiarkan begitu saja, takut nanti amblasnya kian parah,” pintanya.

Sementara, Kepala Dinas PU BM Empat Lawang, H Fauzi, melalui, Sekretaris, Yusron, menuturkan, jalan provinsi yang ada di Empat Lawang yang mengalami kerusakan sudah dilaporkan pihaknya. “Karena itu statusnya bukan jalan kabupaten, namun kita sudah dari dulu melaporkan jalan provinsi yang sudah mengalami kerusakan, pun tidak terkecuali jalan provinsi di Desa Lingge Kecamatan Pendopo Barat,” tukasnya.

TEKS/FOTO : SAUKANI | EDITOR : IMRON SUPRIYADI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *