Sejumlah SKPD di Empat Lawang Terancam Turun Kelas?

EMPAT LAWANG | KSOL — Beberapa satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Empat Lawang, terancam turun kelas. Akibatnya, beberapa pejabat yang tadinya sebagai pejabat Eselon III bisa menjadi Eselon IV dan seterusnya, sebab badan atau kantor tempatnya berdinas harus digabungan dengan badan atau kantor yang lain menjadi satu SKPD.

Hal ini menyusul turunnya hasil penilaian tim verifikator dari Departemen Dalam Negeri, terkait kinerja seluruh SKPD yang ada di lingkungan Kabupaten Empat Lawang.

Pelaksan tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda) Empat Lawang, Edison Jaya mengatakan dalam hasil penilaian yang dilakukan oleh tim verifikator Departemen Dalam Negeri, SKPD di Kabupaten Empat Lawang, terbagi beberapa status yakni type A, type B dan type C.

Ketua Komisi I DPRD Empat Lawang, Makmun tak menampik, kemungkinan jika sejumlah SKPD turun kelas. Ia pun menyoroti disiplin PNS di Empat Lawang masih rendah. Bahkan menurutnya, sistem pelayanan ke masyarakat pun menurun seperti pada hari Jum’at sudah banyak PNS tak masuk kantor lagi.

Makanya, kata Makmun, diharapkan Plt bupati melalui inspektorat harus melakukan evaluasi dan pengawasan. Bila perlu ada sanksi tegas, mulai dari teguran, tertulis bahkan sanksi lainnya. “Kita malu kalau terus menurun, harus segera ada pengawasan dan evaluasi kinerja dan disiplin PNS di Empat Lawang,” tegas Makmun.

Dengan adanya hasil penilaian tim verifikator Departemen Dalam Negeri, seharusnya menjadi bahan evaluasi penting bagi jajaran eksekutif. “Kita yakin Plt bupati pun merasa hal demikian, penurunan kinerja PNS memang harus segera dibenahi,” tukasnya.

TEKS : SAUKANI | EDITOR : IMRON SUPRIYADI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *