Instansi Punya Program Tapi Tanpa Kaki, BP3K ke Lapangan Beri Penyuluhan

MUARA ENIM I KSOL — Balai Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (BP3K) Pandan Enim yang membawahi Kelompok Tani (koptan) di dua Kecamatan; Kecamatan Tanjung Agung dan Lawang Kidul, Kabupaten Muara Enim menjadi pusat data dan pos komando dalam melakukan koordinasi.

Hal itu disampaikan Kepala BP3K Pandan Enim, Maman Suherman, SP kepada Reporter RGBA FM saat di jumpai di sela kegiatan rapat koordinasi yang digelar di Saung Tani BP3K Pandan Enim Kecamatan Tanjung Agung, Kabupaten Muara Enim, Kamis ( 21/7/16).

Dijelaskan Maman, kegiatan rutin rapat koordinasi dilaksanakan setiap Hari Kamis dalam satu pekannya. Kata Maman, lembaga ini tempat berkumpulnya para penyuluh, baik penyuluh yang berstatus PNS, honorer, Tenaga Harian Lepas (THL) maupun Babinsa.

Tujuannya untuk melakukan rapat koordinasi sekaligus membuat program rencana satu minggu ke depannya. Hadir sebagai narasumber Kepala Badan Pelaksana Penyuluhan, Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (BP4K) Kabupaten Muara Enim, dinas instansi, seperti dinas Pertanian, Dinas Perkebunan, Dinas Perikanan dan Peternakan dan Dinas kehutanan.

“Mereka semua punya program, hanya pelaksanaan program itu ke lapangan semuanya dilakukan oleh penyuluh. Mengingat mereka tidak mempunyai perpanjangan tangan atau kaki kanannya. Sementara kita BP3K Pandan Enim punya pengetahuan untuk memberikan teknologi,” ujar Maman.

Maman berharap, dinas instansi yang sudah dijadwalkan pada setiap pertemuan mingguan, untuk konsekuen harus datang. Mengingat, jadwal sudah diserahkan ke setiap narasumber selama satu tahun. Meskipun pada kenyatannya yang terjadi, UPTD nya tidak pernah ada yang aktif untuk datang, Sementara pihaknya (BP3K) justru yang rajin datang.

“Kita disini ada penyuluh PNS nya berjumlah 20 orang, Kemudian THL ada 9 orang, honor 1 orang, kemudian penyuluh swadaya yang di angkat dari petani ada 16 orang, sehingga jumlahnya ada total 46 orang,”pungkasnya. ‎

TEKS/FOTO : HENDRO ALDO IRAWAN REPORTER RGBA FM I EDITOR : IMRON SUPRIYADI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *