Ratusan Masyarakat di Lahat Terima Zakat Mal

LAHAT, KSOL – Ratusan masyarakat  yang terdiri fakir miskin, guru ngaji dan marbot (penjaga masjid) yang berasal dari dua kecamatan (Kecamatan Pulau Pinang dan Pagar Gunung) secara langsung menerima Zakat Mal dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) bertempat di Desa Jati Kecamatan Pulau Pinang, kemarin (2/06/2016).

Ketua Baznas Kabupaten Lahat, Nasyir Syakni,S.Ag dalam sambutannya mengatakan dana Baznas berasal dari zakat PNS, anggota Kodim 0405 Lahat, Kemenag Lahat serta masyarakat. Disbeutkan sejak berdiri 4 bulan lalu, Baznas Lahat sudah mengumpulkan dana sebesar  Rp.933.047.634.

Nasyir juga menjelaskan, untuk Kecamatan Pulalu Pinang terdiri dari fakir miskin berjumlah 84, guru ngaji 14 dan marbot 11 orang. Sedangkan Kecamatan Pulau Pinang terdiri dari 123 fakir miskin, 21 guru ngaji dan 20 marbot.

“Untuk fakir miskin, Baznas memberikan Zakat Mal berjumlah Rp.250.000,- sedangkan untuk Guru ngaji dan marbot berjumlah Rp.550.000,” jelasnya.

Tentang perbedaan jumlah zakat mal yang dterima para mustahik (penerima zakat), Nasyir Syakni mengatakan, fakir miskin adalah masyarakat biasa, sedangkan guru ngaji dan marbot adalah masuk dalma kelompok fisabilillah yang terus bekerja untuk menegakkan agama Allah SWT.

Dalam kesempatan itu, Sekretaris Daerah Pemkab Lahat, Nasrun Aswari mengatakan, acara itu perlu disyukuri, sebab pada saat ini seua umat muslim saling ingat-mengingatkan antar sesama. “Ini adalah rasa syukur kami kepada Allah dengan memberikan atau menzakatkan harta kita ke Baznas dan diberikan kepada fakir miskin di setiap kecamatan di Lahat. Inilah indahnya berbagi disaat bulan ramadhan. Mari kita saling ingatkan, agar keluarga kita yang sudah berpenghasilan besar agar menzakatkan hartanya kepada Baznas, biar Baznas mencari keluarga kita yang benar-benar fakir dan mikin, serta benar-benar seorang fisabilillah,” tegas Nasrun.

TEKS/FOTO : JUMRA ZEFRI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *