Jelang Lebaran, Wartawan Luar Berseliweran di Muara Enim, Ketua PWI : Minta SKPD Tidak Melayani

facebook-20160624-100456

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Muara Enim Andi Candra SE

MUARA ENIM, KSOL – Hari Raya Idul Fitri 1437 H tidak akan lama lagi. Moment ini ternyata banyak dimanfaatkan oknum wartawan atau yang berasal dari luar Kabupaten Muara Enim. Sebagian lagi, oknum LSM yang mengaku wartawan berseliweran mendatangi pejabat Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Kabupaten Muaraenim. Mereka mendatangi satu-satu kantor, badan dan dinas-dinas di Muaraenim.‎

 Menanggapi hal itu, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Muara Enim Andi Candra SE mengingatkan pada setiap SKPD untuk menyeleksi wartawan yang bertugas di Muara Enim dan wartawan dari luar Muara Enim.

“Wartawan yang datang dari luar Muara Enim untuk tidak dilayani. Apalagi munculnya, di saat momen mendekati lebaran,” kata Andi kepada Reporter RGBA FM, Kamis (23/6/16).

Menurutnya, setiap wartawan yang ditugaskan untuk meliput dari media masa atau elektronik sudah jelas wilayah atau biro daerahnya masing-masing. Dengan begitu, wartawan dari daerah lain tidak bisa masuk untuk memanfaatkan moment lebaran seperti saat ini.

Seruan-AJI-suap-kecil-300x201Dikatakannya, disaat menjelang hari raya ini hendaknya wartawan jangan sampai memanfaatkan profesinya untuk meminta bantuan pada pejabat SKPD. Termasuk wartawan dari luar daerah Muara Enim, yang sejak awal tidak ada perwakilan Muara Enim.

“Terkait dengan masalah itu, pihak SKPD untuk dapat memahami masalah ini. Dan kami imbau, agar SKPD tidak melayani atau menanyakan tugas kewartawannya dan meliput secara resmi di Muaraenim. Sebaiknya ditanya kantor medianya atau bila perlu tanyakan ke kita, karena kepengurusan anggota PWI di Muara Enim namanya tercatat dan jelas,” cetusnya.

Seiring dengan itu, tahun sebelumnya, Dewan Pers mengeluarkan imbauan kepada semua pihak agar tidak memberikan gratifikasi dalam bentuk apapun kepada para wartawan jelang lebaran. Semua pihak juga harus hati-hati jika ada pihak yang mengaku sebagai wartawan dan melakukan pemerasan.

 

“Menjelang Hari Raya Idul Fitri Dewan Pers perlu mengimbau kepada semua pihak untuk tidak melayani permintaan Tunjangan Hari Raya, permintaan barang, permintaan sumbangan dalam bentuk apapun yang mungkin diajukan oleh organisasi pers, perusahaan pers, ataupun organisasi wartawan. Hal ini untuk menghindari penipuan oleh para oknum yang mengaku-ngaku sebagai wartawan ataupun perusahaan pers,” kata Ketua Dewan Pers, Bagir Manan dalam keterangan tertulisnya.

TEKS / FOTO : HENDRO ALDO IRAWAN – REPORTER RGBA FM TANJUNG ENIM
EDITOR : IMRON SUPRIYADI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *