Belum Ada Solusi PKL, Kasat Pol PP: Kasihan, Ini Menyangkut Rejeki

EMPAT LAWANG, KSOL –  Masalah kesemerautan Jalan Lintas Sumatera Tengah (jalinsumteng) Pasar Tebing Tinggi belum ada solusi. Terutama penertiban pedagang kaki lima (PKL) di badan jalan, hingga saat ini belum ada tempat realokasi bagi pedagang yang layak.

Senin (20/6/2016), sedikitnya 30 personil Satuan Pol PP Empat Lawang menggelar penertiban. Namun, hanya sebatas merapikan jalinsumteng pasar dan meminta para PKL menggeser dagangannya agar tidak mengganggu badan jalan. “Kita hanya merapikan saja, yang berjualan hingga badan jalan kita minta sedikit mundur,” ujar Kasat Pol PP Kabupaten Empat Lawang, Suandi Soni, kemarin.

Saat ini, dikatakan Suandi, pihaknya masih memberikan toleransi kepada PKL. Sebab jika ingin langsung ditindak tegas mereka (PKL) sekarang belum ada tempat untuk berjualan. “Jika kita gusur, kemana mereka berjualan. Sebab itu instansi terkait saat ini harus menyediakan tempat terlebih dahulu bagi PKL untuk berjualan,” katanya.

Suandi menjelaskan, penertiban PKL ini akan terus dilakukan, bukan hanya di Bulan Suci Ramadhan saja. “Kasihan juga PKL itu jika ingin benar-benar ditertibkan, sebab permasalahan ini menyangkut rezeki orang. Apa lagi saat ini mendekati hari raya,” imbuhnya.

Sementara itu, pantauan kabarsumatera.com di lapangan, tidak lama setelah dilakukan penertiban. Para pedagang kembali berjualan ke badan jalan. “Kami siap pindah kalau ada tempat sesuai, itupun penertiban jangan tebang pilih,” ujar Nur, salah seorang pedagang. “Kami ini cuma cari rejeki, Pak. Tertibkan jugo mobil dan ojek gandeng parkir sembarangan. Jangan cuma menyalahkan kami PKL,” katanya.

Untuk diketahui, penyebab terjadinya macet di Pasar Tebing Tinggi salah satunya dikarenakan hampir separuh badan jalan digunakan PKL berjualan. Pelebaran jalan yang dilakukan Pemkab Empat Lawang, terkesan bukan menghilangkan kemacetan, namun untuk menyiapkan lapak bagi PKL berjualan dan lahan parkir.

TEKS  : SAUKANI
EDITOR : IMRON SUPRIYADI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *