Akibat Badai Puting Beliung, Ratusan Hektar Sawah Di Semendo Rusak,

SEMENDE, KSOL – Setidaknya ratusan hektar sawah milik warga Kecamatan Semende Darat Tengah (SDT) dan Semende Darat Ulu (SDU), Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan rusak. Akibatnya, petani setempat dipastikan gagal panen. Sebab sawah mereka diterjang badai angin puting beliung selama 2 malam, sejak Jumat (17/6/2016) malam hingga Sabtu (18/6/2016) dini hari.

Akibatnya, sawah milik petani mengalami kerusakan lahan padi yang ada di Kecamatan SDT yakni Desa Batu Surau dengan luas lahan sawah 97 ha mengalami kerusakan 43 Нa, Desa Tebing Abang dengan luas lahan sawah 153 ha yang rusak 76 ha, lalu Desa Tenam Bungkuk dari luas lahan 208 ha yang rusak 85 ha, dan Desa Kota Padang dari luas lahan sawah 71 ha mengalami kerusakan 7 ha.

851416963_93076

Salah satu warga sedang berada di area sawah yang terkena musibah

“Jumlah keseluruhan yang rusak 211 Ha. Sedangkan untuk yang berada di Kecamatan SDU masih dalam proses pendataan,” tutur

Kapolres Muara Enim, AKBP Hendra Gunawan, SIK, M.Si melalui Kapolsek Semende, AKP Nusirwan didampingi Kasubbag Humas Iptu Arsyad, Minggu (19/6/2016) mengatakan, dampak kamtibmas akibat petani gagal panen adalah masyarakat kesulitan makan.

Dapat prediksi hal ini berpotensi akan terjadi kerawanan pencurian. Dan masyarakat juga merasa tidak tentram akibat musibah ini. Namun, Pemkab Muara Enim telah menurunkan tim ahli pertanian dari kabupaten dan kecamatan ke lokasi mengecek kerusakan lahan padi yang terkena puting beliung dan telah mendatanya.

“Pemerintah berupaya mencari solusi terbaik agar masyarakat tertolong. Tim telah melakukan penyuluhan kepada para petani pemilik lahan padi yang rusak agar tidak panik dan menunggu bantuan pemerintah,” jelasnya.

TEKS / FOTO : HENDRO ALDO IRAWAN – REPORTER RGBA FM TANJUNG ENIM
EDITOR : IMRON SUPRIYADI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *