Mahasiswa Undip Semarang Buat “SI JALI” Alat Anti Maling

SEMARANG, KSOL – Maraknya pencurian sepeda motor yang belakangan membuat resah masyarakat, telah menginspirasi 5 mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip) Semarang membuat alat anti maling.

Kelimanya (Maulana Mukhtarin, Prayudha Bhakti W, Adib Irfan Adilah, Tegar Wahyu Utami, dan Magnalia Rizky P) mahasiswa jurusan D3 Teknik Elektro.  Penemuan alat itu kemudian mereka namakan SI JALI (Sistem Jam Tangan Kendali).

Alat Anti Maling buatan Mahasiswa Undip Semarang

Alat Anti Maling buatan Mahasiswa Undip Semarang

Menurut mereka, SI JALI merupakan alat untuk mencegah terjadinya pencurian sepeda motor. SI JALI terdiri dari dua alat utama yaitu jam tangan dan pengunci.  Jam tangan pada alat ini berfungsi sebagai remote pada pengunci.

Caranya, jika jam tangan berada pada jarak lebih dari 7 meter, maka ban motor akan mengunci otomatis. SI JALI menggunakan mikrokontroler sebagai komponen utama penyusun pengunci.

Alat ini  menggunakan sensor jarak yang membuat Si JALI bisa mengunci dan membuka secara otomatis. Menurut mereka, SI JALI bisa mencegah pencurian yang disebabkan karena kelalaian pengguna sepeda motor yang lupa mencabut kontak motornya, selama jam tangan masih digunakan pengguna. SI JALI merupakan tim yang didanai Dikti dalam Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM).

TEKS : KOMPASIANA.COM / EDITOR : IMRON SUPRIYADI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *