Pemerintah Berencana Bangun Dermaga Ampibi di Samosir

SAMOSIR, KSOL — Pemerintah Pusat merencanakan pembangunan dermaga Ampibi di Pelabuhan Feri wilayah Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, Sumatra Utara.

“Informasi itu kami terima dari Kementerian Kemaritiman dan Sumber Daya saat berkunjung ke sini,” kata Sekretaris Dinas Perhubungan dan Informatika Kabupaten Samosir, Jagogo Sagala, Kamis (16/6).

Jagogo mengatakan, pembangunan fasilitas penyeberangan itu selain untuk menduPAJEROkung pariwisata juga untuk transportasi penumpang dan barang keluar masuk Samosir. Jagogo juga menginformasikan, janji Pemerintah untuk memberikan bantuan satu unit kapal feri bermuatan 100 unit kendaraan roda empat dan lebih. Menurut Jagogo, pemberian kapal feri itu mempertimbangkan kebutuhan penyeberangan di Danau Toba sudah semakin meningkat.

“Rencana Pemerintah disambut positif masyarakat, karena dengan lancarnya transportasi dapat meningkatkan perekonomian mereka,” kata Jagogo.

Selama ini, khususnya setiap akhir pekan dan hari libur, pengunjung harus antre panjang dengan waktu yang lama di pelabuhan penyeberangan untuk masuk dan keluar Samosir. Pelabuhan feri di Ajibata, Kabupaten Toba Samosir dan Tigaras Kabupaten Simalungun menjadi tumpuan penyeberangan kendaraan roda empat jalur danau. Sedangkan untuk jalur darat yang tersedia melalui Kecamatan Tele, Kabupaten Samosir melalui Kabupaten Karo dan Dairi atau Humbang Hasundutan.

TEKS : REPUBLIKA.CO.ID/ANTARA




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *