Tiap 3 Bulan, Camat Wajib Laporkan Perkembangan PATEN

EMPAT LAWANG, KSOL – Sejak diberlakukannya program Pelayanan Adminitrasi Terpadu (PATEN) di tingkat kecamatan, tentu menambah tugas para camat terkait pemberian izin usaha micro kecil menengah (UKM). Dengan kewenangan ini, para camat diminta aktif melaporkan perkembangan tekhnis program PATEN.

Kepala Badan Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu (BPMPT) Empat Lawang, M Mursadi mengatakan, program PATEN yang saat ini tengah dijalan oleh Pemerintah Kecamatan belum bisa disimpulkan. Maka itu, BPMPT meminta kepada Camat untuk tiga bulan sekali wajib lapor ke perizinan mengenai usaha kecil micro menengah di kecamatan.

“Camat wajib lapor kepada kita (perizinan) setiap tiga bulan sekali terkiat izin usaha micro kecil dan menengah, dari hasil laporan Camat inilah baru bisa kita evaluasi,” ungkapnya, kemarin.

Program PATEN ini adalah kewenangan Bupati yang dilimpahkan kepada Camat, artinya Camat sudah bisa mengeluarkan izin usaha tanpa harus melalui perizinan Kabupaten. “Camat sekarang sudah bisa menanda tangani izin usaha di wilayah Kecamatannya, bukan seperti sebelumnya hanya merekomendasi,” katanya.

Namun, kata Mursadi, mekanisme pelaporan PATEN ini tetap ke Perizinan, sampai saat ini program PATEN berjalan dengan lancar. “Paten sejauh ini sudah berjalan baik, Mekanisme pelaporan tetap kembali ke kantor perizinan. Namun bukan kita mengeluarkan izin usaha, kita hanya menerima laporan,” tukasnya.

TEKS : SAUKANI
EDITOR : IMRON SUPRIYADI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *