Tak Perlu Risau, 2017 Empat Lawang Siapkan Program Umroh Gratis 100 Jema’ah

EMPAT LAWANG, KSOL – Program unggulan dibidang keagamaan kembali digenjot, pada 2017 mendatang Pemkab Empat Lawang melalui bagian kemasyarakatan (Kesra) mengajukan program umroh gratis untuk 100 jema’ah.

Namun sayangnya, program rutin sejak 2010 ini harus terhenti sejenak pada 2016 ini. Karena, anggaran umroh gratis untuk 30 orang meliputi tokoh agama, tokoh adat, veteran dan imam masjid dan lainnya dihapuskan.

Plt Bupati Empat Lawang, H Syahril Hanafiah melalui Kabag Kesra Setda, Munfazir Ghozali mengakui, program umroh gratis 2016 batal. Ini lantaran kemampuan anaggaran Empat Lawang yang juga tidak memungkinkan. Selain itu, usulan terlalu banyak sementara anggaran hanya Rp 1,2 miliar yang hanya sanggup membiayai sekitar 30 orang jemaah saja.

Munfazir menjelaskan, demi kelanjutan program umroh gratis, legislatif juga mempertanyakan kriteria khusus jemah yang terpilih untuk diberangkatkan. Jangan sampai orang yang berhak menjadi kehilangan peluang akibat salah sasaran. “Keriteria ini juga sebaiknya akan di tuangkan dalam peraturan bupati, kemudian karena anggaran sehingga batal dan tidak baik jika dipaksanakan,” jelas Munfazir.

‪Bagaimana kelanjutan program umroh, Munfazir memastikan program umroh masih akan di lanjutkan dan diusulkan ditahun depan dengan kuota lebih banyak lagi minimal 100 jemaah. Tentunya, dengan keriteria yang lebih jelas dan transparan.

Artinya pemerintah hanya membantu biaya selebihnya sudah dimiliki jemaah,pasalnya syarat keberangkatan umroh dan haji itu mampu, diantaranya mampu dalam hal keilmuan, kedua mampu dalam hal tenaga terakhir mampu dalam hal biaya. Nah masalah biaya dibantupemkab namun yang lainnya sebaiknya jemaah sudah mempersiapkan sejak awal baik keilmuan maupun tenaga. “InsyaAllah 2017 usulan umroh gratis untuk 100 jemaah disetujui,” tukasnya.

TEKS : SAUKANI
EDITOR : IMRON SUPRIYADI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *