Lagi, Anggota DPR Dapil Sumsel II Sidak Ke RSUD Muara Enim, Terkait ‎Keluhan Pasien tentang Rujukan ‎

MUARA ENIM,KSOL – Terkait banyaknya keluhan masyarakat mengenai rujukan yang terjadi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr Rabain Muara Enim, ‎membuat salah satu anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI dari komisi IX, Irma Suryani SE terpanggil melakukan kegiatan  Inspeksi Mendadak (sidak) di RSUD Dr Rabain Muara Enim, Senin (13/06/16) siang. Irma Suryani dalam sidak tersebut ditemani sejumlah Anggota DPRD Kabupaten Muara Enim, serta beberapa kader Partai Nasional Demokrat (Nasdem).

“Kita sidak ke rumah sakit daerah Muara Enim ini karena banyaknya keluhan dari masyarakat masalah rujukan. Misalnya, pasien dari Prabumulih mau ke Palembang harus melalui Muara Enim dulu baru ke Palembang,” ungkap Irma kepada awak media kemarin saat berada di RSUD Rabain Muara Enim.

Seperti yang diketahui, pemerintah pusat telah menunjuk RSUD Dr Rabain Muaraenim menjadi rumah sakit regional di Sumatera Selatan.

Dalam sidak tersebut terungkap, sarana dan prasarana salah satu rumah sakit regional di Sumatera Selatan ini masih kurang. Seperti alat-alat kesehatan dan Sumber Daya Manusia (SDM). Untuk itulah pihaknya meminta kepada pengelola ataupun pemerintah daerah untuk meningkatkan fasilitas.‎

“Langkah selanjutnya meminta kepada pemerintah ke depan alat kesehata

Foto bersama Anggota DPR Dapil Sumsel II, Irma Suryani saat Sidak di Muaraenim, belum lama ini

Foto bersama Anggota DPR Dapil Sumsel II, Irma Suryani saat Sidak di RSUD Rabain Muaraenim, belum lama ini

n, maupun kebutuhan yang belum terpenuhi sebegai rumah sakit regional yang sesungguhnya dapat terpenuhi. Tolong dirut buatkan proposal apa-apa yang dibutuhkan akan saya sampaikan kepada menteri kesehatan, dan akan saya kawal ini,” imbuhnya.

Pada kesempatan itu, Irma mengecek langsung kondisi beberapa ruang inap pasien dan Instalasi Gawat Darurat (IGD). Ia juga sempat berbincang-bincang dengan beberapa pasien mengenai pelayanan kesehatan di rumah sakit itu.

“Sakit apa pak? Bagaimana pelayanan di IGD nya cepat tidak? tanya Irma kepada salah seorang pasien yang tengah terbaring, yang langsung di jawab oleh sang pasien : alhamdulillah cepat, bu‎,” ujarnya.

Sebelum meninggalkan rumah sakit, Anggota DPR dari Dapil Sumsel II fraksi Partai Nasdem itu, menyempatkan juga dengar pendapat dengan sejumlah jajaran pengelola RSUD Rumah Dr Rabain Muara Enim.

Sementara itu, Direktur RSUD Rabain, dr Suwandi Safitra SPa, mengatakan rumah sakit yang dipimpinnya merupakan rumah sakit ke 4 regional di Sumatera Selatan. Kemudian untuk mewujudkan menjadi rumah sakit regional ini Pemkab Muara Enim sudah berupaya keras, salah satunya menambah gedung baru dan meningkatkan pelayanan.

“Oleh pemerintah pusat Muara Enim diberikan waktu lima tahun untuk mewujudkan RSUD Rabain ini menjadi rumah sakit regional seutuhnya. Pemkab Muara Enim sudah berupaya keras meningkatkan pelayanan, salah satunya menambah gedung baru, dan beberapa pelayanan yang sudah lengkap. Kedepan tentu tidak hanya gedung saja yang dibutuhkan tetapi alat-alat kesehatan juga,” kata Suwandi.‎

Sebelumnya anggota DPR RI komisi IX dari dapil Sumsel II fraksi Partai Nasdem tersebut, juga menggelar kegiatan sarasehan sosialisasi undang-undang, kemudian buka bersama bersama masyarakat di Desa Kepur Kecamatan Muara Enim sekaligus membagikan 1200 bantuan sembako untuk masyarakat di dapil II yang meliputi wilayah kabupaten dan kota Muara Enim, PALI, Lahat, Prabumulih dan Ogan Ilir.

TEKS / FOTO : HENDRO ALDO IRAWAN – REPORTER RGBA FM TANJUNG ENIM
EDITOR : IMRON SUPRIYADI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *