Meski Belum Membaik, PTBA Jangan Lupa Peduli Lingkungan

TANJUNG ENIM, KSOL –  ‎Direktur Utama PT Bukit Asam (Persero) (PTBA) Tanjung Enim, Arviyan Arifin mengakui, bisnis batu bara saat ini dalam kondisi yang relatif belum membaik. Hal ini ditandai dengan sejumlah kenyataan yang menimpa beberapa perusahaan batu bara yang bangkrut, dan mamaksa karyawannya kehilangan pekerjaan.

Namun menurut orang nomor satu di PTBA itu‎, kondisi seperti ini tidak boleh patah arang. Namun sebaliknya, management PTBA harus tetap bersyukur, karena kinerja perusahaan masih sesuai dengan harapan terutama dalam pencapaian laba.‎

Dengan kondisi demikian, menurut Arviyan, hendaknya bisa mengingatkan perusahaan agar tidak lupa untuk tetap peduli terhadap lingkungan sekitar. “Hal ini mengingat,‎ berkah yang diterima PTBA merupakan anugerah Sang Maha Pemberi Nikmat, apalagi dirasakan di tengah-tengah kondisi harga batu bara global yang masih terpuruk,” ujarnya pada acara Buka Puasa Bersama Direksi dan Karyawan PTBA di Mess Hall Basecamp PTBA Tanjung Enim, Jumat (10/6/16).

Suasana Buka Bersama di PTBA

Suasana Buka Bersama di PTBA Tanjung Enim

Foto bersama anak-anak jajaran PTBA dan Anak Yatim di Tanjung Enim

Foto bersama anak-anak jajaran PTBA dan Anak Yatim di Tanjung Enim

Pada acara yang mengusjng tema “Semangat Ramadhan Kita Jadikan Insan Bukit Asam Yang Unggul dan Bermartabat” ini Arviyan menambahkan, dalam keadaan seperti sekarang ada beberapa hal yang belum memuaskan. Namun demikian, menurutnya semua itu tergantung dengan pihak ketiga, dalam hal ini PT Kereta Api.

“Alhamdulillah, teman-teman berhasil mensiasati hal ini, sehingga laba pun masih tercapai. Kenapa? Karena teman-teman yang mayoritas berada di unit produksilah yang menciptakan efisiensi. Dalam ini tentunya teman-teman yang berada di UPTE,” ujar Arviyan yang pernah menjabat President Director At Bank Muamalat Indonesia Tbk.

Dengan kondisi seperti sekarang, Arviyan mengajak jaarannya, agar senantiasa bersyukur. Sebab menurutnya, semua ini berkah dari Allah Swt.”Alhamdulillah kita semua bersyukur, karena ini berkah dari Allah SWT,” tegasnya.

Maka dari itu Arviyan mengajak ke semua jajaran PTBA dan komponen masyarakat agar PTBA didoakan agar dapat terus tumbuh berkembang mengatasi kondisi terburuk yang dihadapi. “‎Marilah kita berdoa, bukan hanya untukl PTBa tetapi juga bagi teman-teman kita yang menjadi kendala selama ini di kereta api, bisa juga menyelesaikan masalahnya sehingga sama-sama kita bisa mencapai target kinerja perusahaan kita pada tahun ini,” tambahnya.

Dikatakannya, karunia yang diterima PTBA ini merupakan buah dari matematika akhirat yang konsisten dilaksanakan PTBA yang selama ini terus menjaga pertumbuhan dan perkembangan usaha agar sejalan serta harmonis, berperan dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat dan lingkungan di sekitar perusahaan.

Terkait dengan iadah puasa, Arviyan mengajak agar Bulan Suci Ramadhan tidak mengurangi semangat kerja. “Meski dalam suasana menjalankan ibadah puasa, saya tadi melihat teman-teman saat HUT RM tidak berkurang sedikitpun semangatnya. Ini menunjukan bahwa ibadah puasa tidak berbanding terbalik dengan kinerja. Jadi bulan puasa tidak harus bermalas-malasan. Dan saya yakin teman-teman di unit  produksi atau di unit tambangpun juga demikian dan mungkin lebih produktif serta efisien karena tidak ada makan siang,” ucap Arviyan sedikit berkelakar dan disambut tawa dari ratusan karyawan yang hadir.

Dalam acara itu, 20 anak yatim piatu dari tiga pondok pesantren di Tanjung Enim yang diundang untuk turut berbuka puasa bersama menerima santunan berbagi berkah yang diserahkan secara simbolis oleh jajaran Direksi dan pejabat jenjang 1 PTBA.

Menjelang berbuka puasa, sisi religi para undangan pun mendapatkan penyegaran siraman rohani bertema etos kerja selama menjalankan ibadah puasa, yang disampaikan secara segar dan menggelitik oleh Ustad Taufik Hidayat S. Ag, Pimpinan Pondok Pesantren Darussa’adah Muara Enim.

Hadir diacara tersebut, Jajaran dewan direksi, Direktur Pengembangan Usaha Anung Dri Prasetya, Direktur Keuangan, Achmad Sudarto, Direktur SDM & Umum, Suryo Eko Hadiyanto, Direktur Operasi dan Produksi, Joko Pramono dan Direktur Niaga Ari Prabowo Ariotedjo, serta Sekretaris Perusahaan (Sekper) Adib Ubaidilah, General Manager (GM) UPTE, Suhedi, GM Unit Pelabuhan Tarahan Lampung, Wibisono, GM Unit Kertapati Tatra dan ratusan karyawan/i PTBA.

TEKS / FOTO : HENDRO ALDO IRAWAN – REPORTER RGBA FM TANJUNG ENIM
EDITOR : IMRON SUPRIYADI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *