Ingat, Kepsek-Guru Jangan Lagi Merokok Di Sekolah!

EMPAT LAWANG, KSOL – Dinas Pendidikan (Disdik) Empat Lawang menekankan, agar para kepala sekolah (Kepsek) dan guru tidak merokok dilingkungan sekolah lagi. Hal ini, menyusul adanya larangan yang tertera dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 64 Tahun 2015, tentang kawasan tanpa rokok di sekolah. Karena rokok dinilai bisa menjadi pintu gerbang masuk ke dunia narkoba dan sebagainya, dikalangan generasi muda terutama pelajar.

Kadisdik Empat Lawang, Agusni Effendi

Kadisdik Empat Lawang, Agusni Effendi

Kadisdik Empat Lawang, Agusni Effendi melalui Kepala Bidang Pendidikan Menengah (Dikmen), Dedi Damhuri mengatakan, pihaknya menyambut baik peraturan larangan merokok bagi guru dan kepala sekolah dilingkungan sekolah tersebut. Namun, saat ini Disdik belum bisa melakukan penerapan, lantaran belum ada surat pemberitahuan atau petunjuk tekhnis pelaksanaannya.

“Saya sudah tahu tentang peraturan terbaru Kemendikbud itu, saya sudah baca di media masa. Tapi belum ada petunjuk pelaksanaannya, jadi belum bisa serta merta dilaksanakan,” ujar Dedi, kemarin (10/6/2016).

Apabila nanti petunjuk tekhnisnya sampai ke pihaknya, Dedi menuturkan, langkah awal yang hendak diberlakukan yakni memasang spanduk himbauan kawasan bebas rokok. “Merokok boleh, asal di luar lingkungan sekolah. Bukan untuk guru dan kepala sekolah saja. Penjaga sekolah juga. Apalagi siswa, sangat dilarang sekali,” tuturnya.

Kawasan-Dilarang-MerokokSebenarnya, Dedi menyebutkan, saat kepemimpinan Bupati yang lama, H Budi Antoni (HBA), aturan seperti ini sudah ada. Bahkan dalam setiap kegiatan, HBA selalu menyerukan hal ini. “Jadi bukan hal yang baru sebenarnya. Tapi yang namanya karakternya yang sukar dibentuk. Jadi masih saja. Semoga saja atuaran terbaru Kemendikbud ini bisa berlangsung baik di Empat Lawng nantinya,” tukasnya.

TEKS / FOTO : SAUKANI
EDITOR : IMRON SUPRIYADI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *