Gubernur Sumsel Alex Noerdin Diusulkan Melawan Ahok

JAKARTA, KSOL – Meski popularitas Ahok tinggi, tidak ada jaminan bahwa dirinya tidak bisa dikalahkan oleh calon lain. Hal itu dikatakan pengamat politik dari Lembaga Survei Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (Kedai Kopi), Hendri Satrio dalam keterangan pers, Kamis (12/5), malam.

Dia mencontohkan, saat Pilgub DKI 2012 lalu, elektabilitas dan popularitas Fauzi Bowo jauh di atas Jokowi. Namun pada akhirnya, Jokowi menang sebagai gubernur baru DKI Jakarta.

Oleh karena itu, dia menyarankan partai politik besar seperti PDI Perjuangan, Golkar, dan Demokrat tidak ragu mengusung kader terbaiknya. Golkar, kata Hendri,

Gubernur Sumsel, Alex Noerdin

Gubernur Sumsel, Alex Noerdin

dapat mengusulkan Tantowi Yahya atau kader daerah seperti Alex Noerdin.

Demokrat dapat mengusulkan Dede Yusuf atau bahkan Agus Harimurti Yudhoyono. Sedangkan PDIP bisa mengusung Tri Rismaharini atau Susi Pudjiastuti.

Menurutnya, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dinilai tak bisa mengandalkan popularitas untuk memenangkan ajang Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta 2017. Pasalnya, popularitas saja tak akan mampu membuatnya berhasil merebut kursi nomor satu DKI.

Menurut dia, politik bukanlah ilmu pasti seperti matematika atau fisika. Semua bisa terjadi dalam dunia politik. “Tidak ada jaminan figur seperti Agus Yudhoyono atau Susi Pudjiastuti tidak mampu mengalahkan Ahok,” kata Hendri.

TEKS / EDITOR : IMRON SUPRIYADI / REPUBLIKA




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *