Gelar 1 Juz Gratis 2 Liter BBK, Ustadz Fauzan Yayan : Program Mengaji Pertamina Luar Biasa

PALEMBANG, KSOL —  Upaya membudayakan tadarus menjadi hal penting, apalagi di Bulan Suci Ramadhan. Dukungan semua pihak agar warga cinta terhadap Al-quran menjadi tanggungjawab bersama. “Al-quran adalah milik seluruh umat, jadi gerakan mencintai Al-quran menjadi tanggungjawab setiap umat. Akan sangat baik seperti yang dilakukan pertamina dengan menggratiskan 2 liter bagi warga yang membaca 1 juz. Ini luar biasa,” ujar Ustadz Ahmad Fauzan Yayan, Ketua Rumah Cinta Quran Sumatera Selatan, Jumat (10/6/2016).

Ustadz Ahmad Fauzan Yayan

Ustadz Ahmad Fauzan Yayan

Pernyataan ini terkait dengan program Pertamina Marketing Operation Regional (MOR) IV yang membuat program ‘1 Juz Alquran Gratis 2 liter Bahan Bakar Khusus (BBK)’ di 47 SPBU.

Seperti diberitakan, ke-47 SPBU ini tersebar merata, masing-masing satu SPBU di seluruh kabupaten/ kota di wilayah Jawa Tengah dan DIY. Khusus untuk Kota Semarang, ada lima SPBU yang berpartisipasi dalam program yang digulirkan dalam menyambut Ramadhan kali ini.

Retail Fuel Marketing Region Manager IV, Umar Chotib mengatakan, program ini diluncurkan guna mendorong masyarakat untuk membudayakan mengaji selama bulam Ramadhan.

“Program ini diharapkan juga akan mampu memakmurkan Mushala yang ada di SPBU sekaligus memberikan nuansa religius bagi pelanggan yang datang ke SPBU,” ungkapnya, di dampingi Communication and Relation MOR IV Jawa Bagian Tengah (JBT), Muslim Dharmawan, Jumat (10/6/2016).

Secara rinci, jelas Chotib, program 1 Juz Alquran Gratis 2 liter BBK ini akan berlangsung efektif mulai 12 Juni hingga 30 Juni 2016. Namun jika sudah ada SPBU yang siap tidak menutup kemungkinan sudah dimulai lebih awal. Selama program ini, pelaksanaannya akan berlangsung enam jam, mulai pukul 12.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB.

Calon peserta cukup mendaftar kepada petihas SPBU yang telah ditunjuk khusus mengawasi program ini. Setelah merampungkan satu juz, peserta langsung mendapatkan kupon resmi yang dikeluarkan Pertamina senilai 2 liter untuk BBK.

Untuk itu, pihaknya bekerjasama dengan SPBU yang telah menyiapkan mushaf Quran yang berbeda juz (30 juz) serta petugas khusus yang akan mengawasi peserta. Selain itu juga dipilih SPBU dengan fasilitas Mushala yang representatif.

Untuk sementara masyarakat yang berminat dibatasi dulu untuk 25 orang tiap hari. Namun jika peminatnya melebihi bisa menyesuaikan dan fleksibel. “Karena untuk melakukan kebaikan tidak boleh dibatasi,” tegasnya.

Sementara itu, Muslim Dharmawan menambahkan, untuk program ini disiapkan sedikitnya 2.500 liter BBK per hari. Asumsinya tiap SPBU menyiapkan 2 liter BBK kali 25 orang atau 50 liter.

Dengan partisipasi mencapai 47 SPBU di wilayah Jawa Tengah dan DIY, maka tiap hari disiapkan 2.350 liter BBK per hari. Jika peminatnya bertambah maka disiapkan sekitar 2.500 an liter BBK. “Untuk jenisnya bisa menyesuaikan mau pertalite atau pertamax,” jelasnya.

TEKS : IMRON SUPRIYADI (PALEMBANG) / REPUBLIKA.CO.ID




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *