Reklame Rokok Bertengger Bebas Ditepi Jalan Raya

EMPAT LAWANG, KSOL – Hampir disepanjang jalan di Kabupaten Empat Lawang, terutama Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum), yang berada di jantung kota di Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati ini dihiasi spanduk atau reklame yang mempromosikan salah satu merekrokok.

Pantauan dilapangan, reklame iklan rokok tersebut ditancapkan di tepi jalan Jalinsum tepatnya di Talang Banyu Kecamatan Tebing Tinggi atau lebih tepatnya didepan rumah dinas Kapolres Empat Lawang. Kemudian di tepi jalan sekitaran Kelurahan Jayaloka Kecamatan Tebing Tinggi, dan sejumlah titik lainnya.

Seharusnya, dalam mengadakan iklan atau promosi semacam rokok tidak perlu dipublikasikan secara pulgar. Apalagi ditepi jalan raya, karena akan memicu dan memancing anak-anak dan remaja untuk mencobanya. Tidak dipublikasikan saja, remaja akan terpacu emosi ingin coba-coba, apalagi dipublikasikan.

“Ini harus diperhatikan, selaku orang tua, saya minta tolong pemerintah lebih berani menyaring hal-hal yang dipertontonkan di muka umum. Kalau memang banyak mudoratnya, jangan dikeluarkan izinnya,” ujar Roy (36), Warga Talang Gunung Kecamatan Tebing Tinggi, saat ditemui di sekitar lokasi baleho ditancapkan, kemarin (9/6/2016).

Senda itu, Akbar (42), salah seorang warga Talang Banyu Tebing Tinggi menanyakan, apakah reklame tersebut dibentangkan ditepi jalan tersebut atas dasar izin dari instandi terkait Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Empat Lawang. “Kalau tidak ada izin, cabut bae, untuk apo masang-masang bae, manfaatnya untuk kebaikan dak katek jugo,” tegas Akbar.

TEKS / FOTO : SAUKANI
EDITOR : IMRON SUPRIYADI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *