Vertikalisasi Badan Kesbangpol Ditunda

EMPAT LAWANG, KSOL – Rancana perubahan status Badan Kesatuan Kebangsaan dan Politik (Kesbangpol), menjadi instansi vertikal dibawah naungan Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) masih ditunda.

Penundaan itu sendiri tak ada kepastian hingga batas waktu belum ditentukan. Hal ini dibenarkan oleh Kepala Kesbangpol Empat Lawang, Januarsah Hambali, Selasa (7/6/2016). “Terkait Vertikalisasi Kesbangpol ditunda sampai batas waktu yang belum ditentukan, hal ini kita ketahui sewaktu kami mengikuti Diklat di Batam,” katanya.

Kenapa bisa ditunda, lanjut Januarsah, dikarenakan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKSI) mengajukan gugatkan ke Makhamah Konstitusi (MK) terkait kewenangan Daerah, Pemerintah Provinsi dan Pusat tentang UU No 23 Tahun 2014 tentang Pemda. “Kewenangan yang diatur oleh Pemerintah Pusat digugat oleh APKSI ke MK kemungkinan banyak instansi maupun badan dan Dinas yang diambil alih oleh Pemerintah Pusat dan Provinsi,” jelasnya.

Menurut Januarsah, kemungkinan bukan hanya Kesbangpol saja yang ditunda, namun dinas lain mungkin ada juga, namun yang sudah jelas Kesbangpol. “Untuk badan, kantor dan Dinas lain kita tidak tahu, tapi yang jelas Vertikalisasi Kesbangpol ditunda,” tukasnya.

Informasi dihimpun kabarsumatera.com, rencana perubahan status beberapa badan dan dinas menjadi instansi vertikal, mendapat sambutan positif dan negatif dari kalangan aparatur sipil negara (ASN). Sebagian mendukung karena merasa lebih nyaman, bekerja di instansi langsung dibawah naungan kementrian. Sebagia lagi menolak, karena khawatir akan terjadi mutasi ke luar daerah.

TEKS : SAUKANI
EDITOR : IMRON SUPRIYADI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *