Ramadhan Mulai, Harga Daging Ayam dan Sapi Di Tanjung Enim Naik

TANJUNG ENIM, KSOL – Bulan Suci Ramadhan 1437 H/2016 M sudah mulai. Aktivitas pasar tradisional di Kota Tanjung Enim kian ramai dari biasa. Harga beberapa kebutuhan mulai naik. Seperti harga daging sapi, ayam dan telor ayam. Kenaikan harga tersebut diperkirakan akan terus terjadi sampai jelang lebaran nanti.

Berdasarkan pantauan di lapangan, Sabtu (04/06/16) di Pasar Baru Tanjung Enim harga daging sapi yang sebelumnya di kisaran Rp 80-110 ribu, hingga kemarin menjadi Rp 130 ribu rupiah per kg.

Kemudian harga daging ayam potong yang biasanya Rp 27-28 ribu, menjadi Rp 35 ribu per kg. Sedangkan telor ayam yang biasa dijual Rp 18-19 ribu, kemarin sudah mendapai Rp 21- Rp 22 ribu per kg.

“Harga daging sapi sudah naik sejak dari penyalurnya. Saya hanya pengecer jualkan saja,” ungkap Endang (45) salah satu penjual daging sapi.

Sedangkan Harni (36), salah satu pengunjung pasar lainnya mengatakan, harga-harga kebutuhan pokok di Bulan Suci Ramadhan sudah naik sejak beberapa hari lalu sebelum ramadhan. Namun Harni mengaku tidak tahu penyebab naiknya harga daging ayam dan telur ayam yang juga naik.

“Harga telur ayam sudah tidak dapat lagi Rp19 ribu per kg. Sekarang saya beli sudah 21 ribu rupiah rupiah per kg kilogram. Daging ayam sebelumnya 30 ribu rupiah, sekarang menjadi 35 ribu rupiah per kilogram-nya,” ungkap Harni.

Menurutnya, selama Bulan Suci Ramadhan kebutuhan belanja tidak turun. Bahkan kebutuhan rumah tangganya mengalami kenaikan. Ia memperkirakan selama Bulan Suci Ramadhan kebutuhan masyarakat juga meningkat.

“Mungkin kenaikan harga-harga itu akibat dari permintaan tinggi, seperti daging sapi, daging ayam dan telur ayam. Sehingga di pasar harga harganya sekarang naik,” ujarnya.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *