Puluhan Ribu Rumah Tak Layak Huni Tersebar di Muara Enim

MUARA ENIM, KSOL – Setiap warga negara berhak memiliki tempat tinggal dan mendapat lingkungan hidup yang baik dan sehat. Selain merupakan kebutuhan dasar manusia, rumah juga berfungsi meningkatkan harkat, martabat, mutu kehidupan dan penghidupan. Selanjutnya, rumah juga sebagai pencerminan diri pribadi dalam upaya peningkatan taraf hidup serta pembentukan watak, karakter dan kepribadian bangsa.

Demikian dikatakan Wakil Bupati Muara Enim H Nurul Aman SH, saat membuka acara Sosialisasi Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) yang dilangsungkan di Aula Kecamatan Ujan Mas, Kabupaten Muara Enim, sekitar pukul 09.00 WIB, belum lama ini.

Menurut Nurul, pembangunan perumahan dan permukiman jika dilakukan dengan benar akan memberikan kontribusi langsung terhadap peningkatan kesejahteraan dan pengentasan kemiskinan. Pembangunan perumahan dan permukiman harus didukung oleh suatu kebijakan, strategi dan program yang komprehensif dan terpadu sehingga selain mampu memenuhi hak dasar rakyat juga akan menghasilkan suatu lingkungan perumahan dan permukiman sesuai visi Kabupaten Muara Enim yang SMAS.

“Harapan kami dengan adanya Program BSPS ini dapat meringankan beban masyarakat dalam meningkatkan kualitas rumah sehingga jumlah tidak layak huni dapat berkurang secara bertahap,” ungkap Nurul Aman.

Sementara itu, Kepala Dinas PUCK Muara Enim Ir Ramlan Suryadi MT menjelaskan, Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya ini merupakan bentuk fasilitas pemerintah berupa bantuan sosial kepada masyarakat pra sejahtera. “Tujuan bantuan  stimulan adalah terbangunnya rumah yang layak huni dan lingkungan yang sehat serta aman bagi masyarakat berpenghasilan rendah,” tegas Ramlan.

Disebutkan Ramlan,  jumlah rumah tidak layak huni di Kabupaten Muara Enim 10.433 unit rumah yang tersebar di 20 Kecamatan dan sudah terealisasi mendapat bantuan dari tahun 2012 sampai 2015 sudah 3.710 unit rumah atau sudah 29 persen dan masih tersisa 6.723 unit rumah.

Pada Tahun 2016 ini kata Ramlan, Kecamatan Ujan Mas mendapat Program BSPS sebanyak 257 unit rumah yang tersebar di 6 desa yakni, Desa Tanjung Raman, Desa Ujanmas lama, Desa Ujanmas Baru, Desa Pinang Belarik, Desa Muara Gula Baru dan Desa Muara Gula Lama. “Sedangkan, Kecamatan lainnya, seperti, Kecamatan Rambang Dangku sebanyak 107 unit rumah, Kecamatan Belimbing 152 unit rumah,”terang Ramlan.

Disamping itu juga lanjut Ramlan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat mengalokasikan sebanyak 432 unit rumah tersebar di 3 desa yakni, Desa Patra Tani, Desa Tanjung Baru dan Desa Kayu Ara Batu lagi proses administrasi.

Ramlan menambahkan, bentuk bantuan BSPS peningkatan kualitas dengan nilai bantuan Rp 10 juta, sesuai jenis kerusakan, penerima bantuan menerima berbentuk material sesuai dengan rencana penggunaan dana (RPD).

Dana Kemenpupera tersebut jelas Ramlan, akan disalurkan melalui BTN unit terdekat dan dana Pemerintah Daerah Kabupaten Muara Enim disalurkan melalui Bank Sumsel. Sebagai kewajiban para penerima BSPS harus membentuk kelompok yang terdiri dari 7 samapai 20 orang.

Terkait dengan pelaksanaan penyaluran bantuan sampai pada tahap pelaksanaan pembangunan, sebagaimana petunjuk teknis program BSPS  ini kata Ramlan,  telah dibentuk tenaga profesional lokal yang menjadi penggerak dan pengawas kelompok penerima bantuan dalam melaksanakan konstruksi perumahan swadaya termasuk pemberdayaannya.

“Perlu dipahami masyarakat bahwa Kemenpera dalam menentukan rumah tangga penerima BSPS ini memperhatikan kelayakan atau dalam standar layak huni yang merupakan persyaratan kecukupan luas, kualitas, dan kesehatan yang harus dipenuhi suatu bangunan rumah,” terangnya.

Karena itu, Kemenpera menetapkan sasaran penerima BSPS kepada rumah tangga yang memiliki rumah tidak layak huni yang merupakan rumah yang tidak memenuhi persyaratan kecukupan minimal luas, kualitas dan kesehatan bangunan. Selain kriteria rumah tidak layak huni, masih ada persyaratan lainnya yang menjadi rujukan atau persyaratan dalam penentuan sasaran rumah tangga.

“Saya berharap kepada masyarakat penerima bantuan BSPS benar-benar memanfaatkan program bantuan dengan baik sesuai tujuan program ini.Masyarakat juga berkwajibann memelihara bangunan dan senantiasa menjaga kebersihan serta keseimbangan lingkungan,” tegas Ramlan.

Hadir dalam acara tersebut, Camat Ujan Mas, Sugiharto Delimpah, S.Sos, M.Si serta ratusan warga penerima Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya asal Kecamatan Ujan Mas.

TEKS / FOTO : HENDRO ALDO IRAWAN – REPORTER RGBA FM TANJUNG ENIM
EDITOR : IMRON SUPRIYADI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *