Muara Enim ‎Belum Punya Ciri Khas Oleh-oleh

MUARA ENIM, KSOL – Untuk menyukseskan pelaksanaan Pekan Olahraga Propinsi (PORPROV) Sumatera Selatan di Kabupaten Muara Enim pada tahun 2017 mendatang, Badan Perencanaan Pembangunan Darrah (BAPPEDA) melaksanakan kegiatan Pendampingan Pusat Inovasi Kabupaten Muara Enim, Kamis (2/6/16).

Dengan peserta pemilik Usaha Kecil Menengah (UKM) dan Industri Kecil Menengah (IKM) yang berada di wilayah Muara Enim berjumlah 50 orang.

Staf Ahli Drs Joni Hermanto, MM mengatakan, pembinaan kepada UKM dan IKM ini jangan hanya ada ketika ada event-event tertentu. Lebih lanjut kata dia, sebenarnya apa nilai jual objek wisata yang dapat diangkat. Inilah maksudnya pihaknya mengundang, Dinas Koperasi, Dinas Diperindag dan Disporapar dapat memfasilitasi untuk memamerkan produk produk UKM dan IKM ada di Kabupaten Muara Enim.

“Secara pribadi bisa saya katakan bahwa belum ada yang menjadi ciri khas oleh-oleh Kabupaten Muara Enim. Tapi jika kita ke daerah lain kita dapat menjumpainya,” urai Joni.

Menurutnya, dua tahun Bupati Muara Enim sudah memerintahkan agar  di objek-objek wisata untuk menyiapkan tempat khusus. “Ya maksudnya untuk menampung hasil usaha ini sudah menjadi rencana awal namun belum ada. Jadi saya perintahkan kepada Disperindag dan Koperasi tolong direncanakan dan koordinasikan tempat untuk menampung produk produk dari IKM dan UKM. Kita siapkan agar minggu depan dapat segera berjalan, ” tegas Joni.

Sementara itu, Kadin Koperasi UKMM Drs Darmawan menjelaskan,  setiap tahun pihaknya sudah melakukan pembinaan, namun jumlahnya berkisar 20-30. Tahun ini kata Darmawan, pihaknya akan melakukan pembinaan jamur tiram, kemudian pihaknya akan ajak magang ke pulau jawa.

Dikatakannya, Setelah pihaknya melakukan pembinaan dan pemberian bantuan peralatan, pihaknya akan melakukan evaluasi, apakah ada perkembangan UKM yang sudah dibina.   “Untuk memudahkan koordinasi kami juga membentuk untuk mitra dinas koperasi Kerukunan Usaha Kecil Menengah Indonesia (KUKMI), ” jelas Darmawan.

Perwakilan dari IKM Seluang Merinim mengusulkan agar Kabupaten Muara Enim dapat membangun tempat khusus atau Outlet untuk pemasaran dari IKM jadi ada wisatawan yang tidak sempat ke daerah daerah wisata dapat membeli oleh oleh dari tempat tersebut.

TEKS / FOTO : HENDRO ALDO IRAWAN – REPORTER RGBA FM TANJUNG ENIM
EDITOR : IMRON SUPRIYADI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *