Harga Karet dan Sawit Anjlok, Angka Kemiskinan Pun Meningkat

EMPAT LAWANG, KSOL – Angka kemiskinan di Sumsel masih cukup tinggi yakni diangka  13,77 persen. Sedangkan untuk di Kabupaten Empat Lawang angka kemiskinan juga masih tinggi berkisar di atas 15 persen. Penyebab tingginya angka kemiskinan salah satu penyebabnya turunnya harga komoditi karet dan sawit.

“Sebagian masyarakat Sumsel kan berusaha di bidang perkebunan karet dan sawit. Jika harga komoditi ini turun, angka kemiskinan ankan meningkat. Di Empat Lawang juga rata-rata berusaha karet dan sawit,” ujar Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Sumsel,  Apriyadi saat rakor rencana program pembangunan bidang sosial tahun 2017 di Empat Lawang, kemarin (31/5/2016).

Pemkab Empat Lawang lebih fokus mengalokasikan anggaran untuk menuntaskan kemiskinan. Kemiskinan ini bukan tanggung jawab Dinas Sosial saja, namun juga tanggung jawab pemerintah daerah setempat. Pihak Dinsos Sumsel sudah banyak berikan bantuan ke kabupaten/kota, namun angka kemiskinan memang masih tinggi. “Walaupun bantuan banyak diberikan jika kesejahteraan masyarakat belum tercukupi, kemiskinan sulit untuk turun,” jelasnya.

Mengenai data, diakui Apriyadi, memang kurang valid karena basis data yang diambil merupakan data 2011. Semestinya data setiap empat tahun diperbaharui sehingga bantuan yang diberikan tepat sasaran. “Baru Muara Enim yang melakukan pendataan sendiri, mudah-mudahan kabupaten/kota lain bisa mendata sendiri sehingga data valid,” tukasnya.

Sementara itu, Plt Bupati Empat Lawang, H Syahril Hanafiah mengatakan, 2017 mendatang Empat Lawang bisa melakukan pendataan mandiri menggunakan dana APBD. Ia mengakui bantuan banyak yang tidak tepat sasaran karena data tidak valid, sebab data dari 2011 lalu.

“Kedepan petugas yang mendata harus orang yang bertanggung jawab. Sebab, kalau data salah, bisa berdosa besar karena menzolimi warga yang semestiya mendapat bantuan,” kata Syahril.

Pihaknya, 2017 mendatang akan data ulang warga berhak menerima bantuan. Mudah-mudahan angkanya tidak bertambah dari tahun ini sehingga angka kemiskinan di Empat Lawang, lepas dari daerah tertinggal ini berangsur turun.

TEKS / FOTO : SAUKANI
EDITOR : IMRON SUPRIYADI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *