Konsultasi/pertanyaan/tanggapan/saran/kirim ke PKY Sumsel

Sampaikan informasi/konsultasi/pertanyaan/tanggapan/saran/kritik anda seputar persidangan dan etika/perilaku hakim di dalam maupun luar dinas kepada: Penghubung Komisi Yudisial Republik Indonesia Wilayah Sumatera Selatan  melalui email: penghubungky@gmail.com. Respon akan dimuat setiap 2 pekan   

Pertanyaan Masyarakat:

  1. Menurut saya kita harus bersinergi dari seluruh elemen yang ada untuk mewujudkan hukum yang berkeadilan dan peradilan yang agung. Insya Allah kalau nanti ada waktu saya akan mampir ke PKY Sumsel untuk mensinkronkan sinergi tadi, hanya saja sekarang sedang menyelesaikan studi di luar sumsel, namun saya sangat simpati dengan PKY SUMSEL. Tetaplah terus berjuang. Bakti Aria mahasiswa di Yogyakarta asal Ogan Ilir. kitaaria@yahoo.com

Respon:  

Terima kasih saudara Bakti atas kepedulian dan partisipasinya. KYRI juga sepakat bahwa peran mengawasi dan menjaga hakim bukan hanya menjadi tugas dan tanggungjawab KYRI semata, namun seluruh elemen masyarakat harus turut andil dan bersinergi, termasuk mahasiswa seperti saudara. Untuk itu KYRI berharap saudara berkenan menjadi agen pengawal peradilan di lingkungan kampus saudara. KYRI juga membuka sinergi bagi mahasiswa dalam berbagai bentuk kegiatan dan gerakan bersama. Silahkan hubungi kami di Jalan Hokki Blok C 24 Kampus Palembang (Sebelah kolam renang lumban tirta, depan hotel aryaduta Palembang), telepon: 0711-351098, email: penghubungky@gmail.com, facebook: Komisi Yudisial Sumsel, Twitter: PenghubungKY.

  1. Tolong PKY lebih gencarkan sidak ke PN yang ada di daerah jangan di Palembang saja karena di daerah pelanggaran etika dan perilaku hakim tidak ada pengawasannya. Supriono di Kayuagung. ono_wongdeso@yahoo.co.id

Respon:

Terima kasih saudara Supriono  atas partisipasi dan informasinya. Sebagai lembaga negara yang diberikan wewenang untuk menjaga dan menegakkan kehormatan, keluhuran martabat, serta perilaku hakim, tentu PKY terus berusaha memaksimalkan tugasnya untuk mengawasi pelaksanaan etika dan perilaku hakim baik di dalam mupun di luar sidang, di kota maupun di daerah. Namun peran tersebut memiliki tantangan yang tidak ringan mengingat SDM PKY Sumsel yang terbatas, sementara melaksanakan tugas mengawasi dan menjaga hakim tidak hanya di Pengadilan negeri (PN) kota Palembang saja, melainkan menjangkau seluruh PN yang yang berada di wilayah Sumsel.

Selain PN tugas pengawasan juga dilakukan pada Pengadilan Tinggi (PT), Pengadilan Agama (PA) dan Pengadilan Tinggi Agama (PTA), Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN), dan Pengadilan Militer (PM). Untuk itu PKY Sumsel sangat mengharapkan saudara berkenan menjadi agen pengawal peradilan yang bersedia memberikan informasi/saran/kritik seputar peradilan kepada PKY Sumsel.

Jika menemukan pelanggaran kode etik dan pedoman perilaku hakim, kami harapkan  untuk didokumentasikan (difoto/direkam) agar dapat menjadi bukti penunjang, dan segera sampaikan ke kami. Silahkan mampir ke kantor milik kita bersama di Jalan Hokki Blok C 24 Kampus Palembang (Sebelah kolam renang lumban tirta, depan hotel aryaduta Palembang), telepon: 0711-351098, email: penghubungky@gmail.com, facebook: Komisi Yudisial Sumsel, Twitter: PenghubungKY. Mari bersama mengawal peradilan kita !

  1. Pak kapan sosialisasi dengan masyarakat di daerah kami di Lahat supaya masyarakat di daerah juga membantu mengawasi hakim yang nakal. Terima kasih. Nirmawan di Lahat. Nirmawansyah@yahoo.com

Respon:

Terima kasih saudara Nirmawansyah atas kepedulian dan partisipasinya. Secara kelembagaan PKY Sumsel memiliki berbagai program yang langsung berkaitan dengan masyarakat, diantaranya road show dan dialog dengan masyarakat di berbagai daerah yang ada di wilayah Sumsel. Mudah-mudahan segera dapat dilaksanakan di daerah Lahat ya.

Kami harapkan saudara bersedia menjadi mitra PKY Sumsel untuk mengawal peradilan di Lahat. Jika sedang ke Palembang silahkan mampir ke kantor milik kita bersama di jalan Hokki Blok C 24 Kampus Palembang (Sebelah kolam renang lumban tirta, depan hotel aryaduta Palembang), telepon: 0711-351098, email: penghubungky@gmail.com, facebook: Komisi Yudisial Sumsel, Twitter: PenghubungKY untuk koordiansi lebih lanjut. Salam peradilan bersih !

  1. Saya mau melaporkan putusan hakim pada perkara saya yang baru putus dan menurut saya ada keganjalan pada isinya. Mohon informasinya bagaimana cara melaporkan ke KY Sumsel. Terima kasih. Srimuti Kartika di Lahat. Jemelahat.murti@yahoo.com

Respon:

Silahkan saja Srimurti jika saudari bermaksud melaporkan putusan hakim. Namun perlu kami sampaikan bahwa Komisi Yudisial (KY) tidak dapat mengubah putusan hakim karena putusan hakim adalah hak mutlak majelis hakim yang sangat KY hormati.

Namun jika dalam putusan terdapat banyak kejanggalan dan/atau dalam proses persidangan sejak tahap awal hingga akhir terdapat pelanggaran aspek beracara, misalnya saksi ditiadakan, saksi tidak pernah memberikan keterangan di persidangan namun dalam putusan hakim ditulis memberi keterangan, adanya rekayasa dalam fakta persidangan, maka dapat dilaporkan ke Komisi Yudisial.

Tata cara menyampaikan laporan ke KY sangat mudah, siapkan saja foto copy kartu identitas (KTP/SIM), foto copy legalisir putusan/penetapan, dan bukti pendukung lainnya (rekaman atau berita acara persidangan,dll). Sebaiknya ibu segera menghubungi kami di jalan Hokki Blok C 24 Kampus Palembang (Sebelah kolam renang lumban tirta, depan hotel aryaduta Palembang) atau dapat langsung menelepon ke nomor 0711-351098 untuk koordinasi lebih lanjut. Terima kasih.

  1. KY saya minta bantuannya untuk memantau sidang perkara saya di PN Muara Enim dalam waktu dekat agendanya keterangan saksi. Mohon bantuannya. Fatmawati di Gunung Megang, Muara Enim. Fatma_lia@yahoo.com

Respon:

Saudara Fatmawati prosedur permintaan pemantauan sidang oleh masyarakat ke KYRI sangat mudah, silahkan menyiapkan syarat administratif (identitas pelapor beserta alamat surat, alamat email, nomor hp/faximile, lalu nomor perkara, jadwal dan agenda persidangan, identitas majelis hakim dan panitera pengganti, identitas para pihak yang berperkara, kronologis singkat perkara) dan syarat substanstif (uraian mengenai alasan pentingnya dilakukan pemantauan). Kami harapkan untuk segera datang ke kantor PKY Sumsel Jl. Hokki Blok C 24 Kampus Palembang (Sebelah kolam renang lumban tirta, depan hotel aryaduta Palembang), atau menghubungi kami melalui email: penghubungky@gmail.com atau di line telp: 0711351098 guna informasi lebih jelas. Salam.

  1. KY mohon informasinya jika kami menyampaikan laporan hakim ke KY berapa lamakah harus menunggu proses penanganannya. Terima kasih. Rahmadi di Makarti Jaya, Banyuasin. Rahmad_indiarto776@yahoo.com.

Respon:

Penanganan laporan masyarakat di KY hanya membutuhkan waktu 60 hari kerja (sebagaimana peraturan KYRI No.2 Tahun 2015 tentang Penanganan Laporan Masyarakat), yakni sejak laporan dinyatakan lengkap, diverifikasi, diregistrasi, dianotasi, dan dilaksanakan sidang panel (sidang yang memutuskan laporan dapat/tidak dapat ditindaklanjuti). Demikian informasi dari kami.

 

 

 

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *