Ingin Punya Ilmu Menghilang, Bocah 15 Tahun Berani Bongkar Mesin ATM

MUARA ENIM, KSOL – Di masa anak-anak seusianya‎ seharusnya, anak yang berinisal Al  (15),  masih tetap harus fokus belajar di sekolah demi menggapai cita-cita dan masa depannya. Namun, kenyataannya tidak berlaku bagi warga Kecamatan Gelumbang, Kabupaten Muara Enim ini.

Ia justru memilih untuk pergi merantau ke pulau Jawa untuk belajar berguru mengambil ilmu menghilang. Dengan harapan, kelak akan ia gunakan untuk melakukan aksi kejahatan.

IMG_20160518_115753

Aparat Polsek Ge,lumbang sedang melihat di Tempat Kejadian Perkara (TKP) DI ATM Bank Sumsel yang gagal dijebol pelaku

IMG_20160518_115724

Pelaku Al (15) tahun yang ditangkap polisi di rumahnya satu hari setelah kejadian.

Hal itu diakui pelaku ketika berhasil di tangkap Polsek Gelumbang. Demi memenuhi cita-citanya, pelaku nekat melakukan aksi kejahatan ‎hendak membobol mesin ATM Bank Sumsel Babel Cabang Pembantu Gelumbang.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun di lapangan, Rabu (18/5/2016), aksi pembobolan terjadi pada Senin malam (16/5/16) sekitar pukul 23.30 WIB. Dengan bermodalkan besi behel dan palu kecil serta situasi saat itu hujan turun, sementara secara kebetulan penjaga mesin ATM sedang keluar sebentar untuk mencari makan.

Kondisi itu semakin mendukung pelaku dalam melancarkan aksinya. Diduga, saat situasi sepi itulah pelaku mulai membobol mesin ATM. Namun ternyata tidak berhasil. Merasa kesal, lantas pelaku memecahkan layar kaca ATM di bagian atas tengah.

Namun ternyata masih tetap tidak bisa. Merasa tidak berhasil dan takut aksinya diketahui orang, akhirnya pelaku meninggalkan mesin ATM dengan keadaan yang masih berantakan dan rusak.

Keesokan harinya, Selasa (17/5/16), baru dapat diketahui petugas Bank Sumsel Babel. Seketika kejadian itu dilaporkan ke pimpinan Bank Sumsel Capem Gelumbang, Deddy Kesuma Wijaya (38), warga jalan Lingkar Istana Komplek Villa Anggrek Palembang‎. Untuk sselanjutnya dilaporkan ke Polsek Gelumbang, dengan di kuatkan bukti lapor‎ Lp / B / 27 / V / 2016/ Res. Ma. Enim / sek. Glb, tanggal 17 Mei 2016.

StarNetwork.idSetelah menerima laporan, unit Operasional‎ Reskrim Polsek Gelumbang dipimpin Kanit Reskrim Ipda Emir Maharto Bustarosa S.IK melakukan ungkap kasus dengan melakukan penyelidikan dan pemeriksaan di CCTV ATM tersebut.

Berdasarkan rekaman gambar CCTV akhirnya diketahui dengan jelas wajah gambar pelaku yang saat menjalankan aksinya hanya seorang diri. Kemudian petugas langsung melakukan penyisiran dengan cara menyebarkan foto pelaku ke desa-desa di sekitar dan barulah diketahui jika pelaku adalah warga Desa Segayam Kecamatan Gelumbang.

Setelah memastikan identitas pelaku, petugas langsung meluncur ke Desa Segayam dan secara kebetulan petugas melihat pelaku saat sedang berjalan sendirian di jalan Desa Talang Taling Kecamatan Gelumbang.

Petugas langsung membekuk pelaku tanpa perlawanan. Kapolres Muara Enim AKBP Nuryanto SIK MSI melalui Kapolsek Gelumbang AKP Roby Sugara didampingi Kasubbag Humas Iptu Arsyad AR kepada Reporter RGBA FM, Rabu (18/5/16), membenarkan adanya penangkapan terhadap pelaku.

Saat ini pelaku bersama barang bukti,1 buah Palu kecil,‎1 batang behel dengan ukuran panjang 1 meter, 1 helai jaket warna coklat, dan 1 helai baju kaos warna hijau, sudah diamankan di Mapolsek Gelumbang guna pemeriksaan lebih lanjut.

‎Akibat perbuatannya pelaku dikenakan pasal percobaan pencurian pasal 363 junto 53 KUHP dengan ancaman kurungan tujuh 7 penjara. Namun karena umur pelaku masih dibawah umur, maka harus melalui Diversi atau menyelesaikan perkara pidana untuk dibawah umur dengan cara musyawarah.

TEKS / FOTO : HENDRO ALDO IRAWAN – REPORTER RGBA FM TANJUNG ENIM
EDITOR : IMRON SUPRIYADI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *