Kadisdikbud : Utamakan Kejujuran, Sebab Kejujuran Ciri Bangsa Kita

MUARA ENIM, KSOL – Ujian sekolah jenjang SD/MI sederajat tahun pelajaran 2015/2016 serentak di gelar di berbagai daerah, mulai 16-18 Mei 2016. Ujian akhir yang dulunya di kenal dengan Ujian Nasional (UN) ini tetap mengujikan tiga mata pelajaran (Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Muara Enim Drs Muzakar M.Pd melalui Kepala UPTD Disdikbud Kecamatan Lawang Kidul Dr Yusnawati S.Pd, MM saat meninjau ke salah satu SD di Kecamatan Lawang Kidul, memberikan motivasi kepada seluruh peserta ujian agar dapat menjawab dan menyelesaikan soal ujian.

StarNetwork.id“Ya tadi bapak kepala dinas pendidikan berharap kepada peserta ujian untuk dapat melaksanakan ujian dengan sebaik-baiknya dan bersikap jujur serta percaya diri dengan kemampuan yang dimilikinya.  Intinya dalam mengisi lembar soal alias tidak mencontek. Sehingga dengan adanya kejujuran dan percaya diri dari peserta, nilai yang di harapkan dari peserta insya Allah akan sesuai dengan kompetensi anak itu sendiri,” ujar Yusnawati menyampaikan pesan dari Kadisdikbud Kabupaten Muara Enim saat pemantauan peserta UN tingkat SD di Kecamatan Lawang Kidul, Senin (16/5/16).

Dikatakanya, nilai mata pelajaran bahasa Indonesia yang diujikan, mengutip harapan harapan kepala dinas, harus lebih baik dan besar dari nilai pelajaran bahasa Inggris. Mengapa? Karena nilai bahasa Indonesia adalah bahasa persatuan bangsa Indonesia yang harus dijunjung tinggi, sama halnya dengan kejujuran harus di utamakan.

Sebab dengan kejujuranlah merupakan ciri khas dari kita bangsa Indonesia, yaitu  masyarakat yang jujur dan adil. “Namun kalau memang kedua-duanya nilai bahasa Indonesia dan bahasa Inggris nilainya bisa tinggi, itu lebih bagus,” jelas Yusnawati mantan Kepala UPTD Disdikbud Kecamatan Tanjung Agung.

Ditambahkan Kepala Tata Usaha (TU) UPTD Disdikbud Kecamatan Lawang Kidul Najiburrahman SE MM, Untuk di Lawang Kidul sendiri ada sebanyak 1240 siswa dari 34 SD baik negeri ataupun swasta yang mengikuti pelaksanaan UN tahun ini. Untuk pengawasannya sendiri di lakukan dengan sistem silang antar guru dari sekolah yang ada.

TEKS / FOTO : HENDRO ALDO IRAWAN – REPORTER RGBA FM TANJUNG ENIM
EDITOR : IMRON SUPRIYADI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *