Pemkab PALI akan Jadikan Golf sebagai Ekskul di Sekolah

PALI, KSOL –  Olahraga golf, selama ini identik dengan kalangan elit. Sebab olah raga yang satu ini, nyaris hanya bisa dinikmati oleh kalangan tertentu saja, terutama kelas menengah. Pasalnya bukan kelas bawah tidak berminat, tetapi mahalnya peralatan olah raga ini, sehingga tidak semua kalangan bisa ikut dalam olah raga golf.

Heri Amalindo melakukan pukulan pertama saat membuka turnamen golf

Bupati PALI, Heri Amalindo memukul bola golf sebagai pembukaan secara simbolik

Jika dihitung-hitung, satu harga ping iron (stick pemukul golf) haragnya per satuannya berkisar antara 2-10 juta rupiah. Belum lagi peraatan lain, seperti kaos tangan khusus golf, handuk golf, topi khas golf, tas, bola golf. Jika di totalkan, untuk menyiapkan semua peralatan itu, setiap orang bisa harus memiliki kocek yang cukup banyak. Kisarannya antara Rp 5 – 10 juta.

Meihat mahalnya perlengkapan ini, menjadi hal tidak aneh bila hanya kelompok elite saja yang bisa turut serta. Sehingga hanya orang yang berkantong tebal saja yang bisa menikmati olahraga ini.

Namun, Bupati PALI, Heri Amalindo ingin mengubah pola pandang ini. Orang nomor satu di PALI ini ‎ingin menjadi olah raga golf bisa diikuti semua kelas sosial. Heri bertekad menjadikan golf sebagai olahraga yang bisa dinikmati semua orang.

“Malah kami ingin memasukkan olahraga golf sebagai salah satu ekstrakurikuler di sekolah, baik SD, SMP dan SMA,” katanya usai dilantik menjadi ketua Persatuan Golf Indonesia (PGI) Kabupaten PALI di Lapangan Golf Pendopo, Sabtu (14/5/2016).

Sebagai Kabupaten yang memiliki lapangan golf, PALI akan memberikan kesempatan bagi masyarakat umum untuk memanfaatkan lapangan golf yang memiliki 18 hole tersebut.

“Kita patut bersyukur, PALI memiliki lapangan golf sendiri. Bahkan kontur tanah termasuk kolam yang ada disini alami, bukan kolam buatan. Jadi lapangan ini sangat menantang. Harus kita manfaatkan untuk mencetak atlet handal” paparnya.

Agar bisa mencetak atlet andal, olahraga ini akan dikenakan kepada para pelajar sejak usia dini. Terkait kendala peralatan yang mahal, menurut Heri bisa difasilitasi oleh KONI.

“Peran pemerintah dan KONI adalah membuka kesempatan bagi atlet untuk berprestasi. Hal inilah yang akan kita dorong” ujar Heri yang juga ketua umum KONI Kabupaten PALI.

Bahkan, Heri Amalindo berharap disetiap kabupaten dan kota di Sumsel membangun lapangan golf mini yang bisa digunakan oleh para pelajar.

“Biar nanti bisa diadakan turnamen golf antar pelajar se-Sumsel. Untuk memudahkan pencetakan atlet potensial asli Sumatera Selatan” terang Heri.

Seusai pelantikan pengurus PGI Kabupaten PALI, digelar Friendly Golf Tournament Charity (FGTC) yang diikuti 180 golfer dari seluruh Sumsel.

Penitia menyediakan mobil innova terbaru dan sepeda motor trail untuk peraih Hole In One, namun sampai turnamen selesai, tidak satupun golfer yang berhasil mencetak hole-in-one.

Sementara piala bergilir PGI untuk pemenang, diraih oleh Keindahan dan keunikan lapangan golf yang dibangun oleh PT Stanvac Indonesia ini mengundang decak kagum para penggemar golf yang menjadi peserta. Seperti diungkapkan Hanan Zulkarnain, mantan wabup Muaraenim. “Lapangannya sangat indah dan menantang. Semoga bisa dimanfaatkan oleh Penggemar golf di PALI,” ujar Hanan.

Selain menggelar turnamen pengurus PGI PALI juga membagikan 200 paket sembako kepada keluarga kurang mampu sebagai bentuk kepedulian penggemar golf. “Ini sebagai bukti bahwa olahraga golf untuk semua kalangan,” terang Heri Amalindo memberi alasan.

Pemenang Friendly Golf Tournament Charity :

Best Net Over All : Tommy

Best Gross Over All : Zakaria Yahya

Best Flight A : ‎Rama, Hery Kusnadi, Armansyah

Best Flight B : Davi, M Daud, Bambang Bahar

Best Flight C : Martin, Rusdi Dahlan, Jerry Karmin

Nearist To The Pin : Nanang Hutapea (1,27 meter)

Nearist To The Land : Erwin W (20cm)

Longer Drive : Armansyah (240 meter)

Heri Amalindo menyerahkan piala bergilir kepada pemenang

TEKS / FOTO : T PAMUNGKAS
EDITOR : IMRON SUPRIYADI

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *