Alat Kontrasepsi Spiral Tak Banyak Dikenal. IBI Semendo : Pasang Gratis untuk Warga

MUARA ENIM, KSOL –  Upaya sosialisasi alat kontrasepsi terus dilakukan. Namun faktanya, masih banyak masyarakat yang tidak mengenal akat kontrasepsi ayudi atau spiral. Hal itu diakui  Fitri Sujariah, S.ST,M.Kes, Ketua Ranting Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Semende Kabupaten Muaraenim Sumatera Selatan, saat menggelar acara pasang alat kontrasepsi gratis untuk warga di Balai Kecamatan Semende Darat Ulu (SDU), Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan belum lama ini, (11/5/16).

“Alat kontrasepsi lain yang lebih baik, yakni ayudi atau spiral. Namun dalam alat ini belum banyak diketahui masyatakat. Mungkin karena kurangnya sosialisasi,” ujarnya.

6Fitri juga menjelaskan, sebagian masyarakat juga menybeut beberapa jenis alat kontrasepsi masih belum cukup memuaskan. Sementara alat kontrasepsi lainnya, seperti ayudi atau spiral tidak banyak diketahu masyarakat.

“Hal ini karena  masyarakat kurang memahami proses pemasangan dan kelebihan ayudi, sehingga warga merasa awam dalam memakai spiral ini. Sementara, pemasangan alat kontrasepsi jenis Inplan lebih banyak diminati dikarenakan buat masyarakat nyaman dan mudah,” ungkap Fitri.

Fitri menambahkan, alat kontrasepsi menjadi salah satu cara untuk mewujudkan keluarga sehat dan sejahtera. Sebab menggunakan alat kontrasepsi, menurut Fitri setiap keluarga dapat mengendalikan jarak kelahiran.

Sementara itu, Camat SDU, M Tasman, S.Sos, M.Si mengakui kegiatan yang dilaksanakan IBI sangat penting untuk masyarakat di wilayahnya. Mengingat kata dia, kegiatan ini untuk meningkatkan kesejahteraan dalam keluarga.

“Tujuan acara ini menjadikan keluarga idaman terkontrol. Penggunaan alat kontrasepsi itu yang aman dan sehat seperti ayudi atau spiral itu. Tidak hanya Inplan, suntik atau Pil,” kata Tasman.

Pada acara peringatan HUT ke-65 IBI di tahun 2016 ini‎, selain masyaraka dihadiri Kapolsek SDU AKP Nusirwan, BKBPB dan PA Kabupaten Muara Enim dan undangan lainnya.

TEKS / FOTO : HENDRO ALDO IRAWAN – REPORTER RGBA FM TANJUNG ENIM
EDITOR : IMRON SUPRIYADI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *