Etape Pertama IMT Sukses, Tim Sumsel Borong 2 Medali

EMPAT LAWANG, KSOL –  Event olahraga Internasional Musi Triboatton (IMT) kembali digelar, Rabu (11/5/2016). Untuk yang kelima kalinya ini, Kabupaten Empat Lawang kembali menjadi titik start etape pertama, lokasinya di Desa Tanjung Raya, Kecamatan Pendopo Barat.

Perlombaan IMT ada tiga jenis yakni rafting, kano, dan dragonboa. Di etape pertama hanya lomba rafting yang diikuti sekitar 12 tim dari beberapa daerah dari dalam negeri dan luar negeri (LN).

Peserta IMT 2016 dari luar negeri yakni Maroko, Filipina, Thailand, Malaysia, Singapura dan Brunai Darussalam. Finish perlombaan rafting di Jembatan Musi II (Kuning) dengan jarak tempuh sekitar 35 km. Tim dari Indonesia memborong tiga medali sekaligus, tuan rumah Sumatera Selatan (Sumsel) borong dua medali. Tim Sumsel 1 mendapat juara satu dan tim Sumsel 2 mendapat juara tiga, sedangkan juara kedua diraih provinsi tetangga, Jambi.

Peserta dari Luar Negeri, Singapura hanya mampu menduduki juara keempat, disusul Jawa Timur, Bangka Belitung, Riau, Yonif 133 Padang, Sumatera Barat dan diposisi kesepuluh diraih tim dari DKI Jakarta.

“IMT ini sudah tahun kelima, tahun ini dipilih Mei karena musim hujan,” ujar Hari Untoro Drajat, Staf Ahli Menteri Bidang Multikultural Kementerian Pariwisata, saat pembukaan start etape pertama.

beritapaytren-STOP JD KARYAWANDijelaskannya, kegiatan IMT adalah suatu perpaduan olahraga dan pariwisata, karena potensi dan icon Sumsel adalah wisata olahraga. Saat ini yang kelima tahun dan peserta bertambah terus. “Ini bukan dari kementerian saja yang mendukung, provinsi, dan kabupaten dan
Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia juga mendukung,” jelasnya.

Sementara Plt Bupati Empat Lawang, H Syahril Hanafiah menjelaskan, kegiatan IMT ini merupakan kegiatan internasional untuk mengenakan Kabupaten Empat Lawang ke kanca nasional dan internasional. “Potensi wisata di Empat Lawang ini banyak salah satunya Sungai Musi ini,” katanya.

Setelah kegiatan IMT, Pemkab Empat Lawang akan mengadakan lomba serapungan yang akan diikuti warga Empat Lawang. Lomba serapungan merupakan lomba khas Empat Lawang yang diadakan tiap tahun.  “Peserta hanya menggunakan dua batang bambu dan berhanyutan di sungai musi. Agustus nanti akan diselenggarakan,” tukasnya.

TEKS / FOTO : SAUKANI
EDITOR : IMRON SUPRIYADI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *