Kampus di China ini Beri Diskon 50% pada Mahasiswa yang Bersikap Sopan

JAKARTA, KSOL — Upaya memperkenalkan sopan santun lewat sikap hormat kepada karyawan kantin. Sebuah universitas Cina menawarkan potongan harga 50% di kantinnya, jika para mahasiswa menghormati para karyawan kantin.

Kebijakan ini diterapkan di Universitas Anhui Normal di kota Wuhu, China timur, sebagai bagian dari kampanye kampus untuk memperbaiki sopan-santun mahasiswa, lapor situs berita resmi provinsi tersebut, Anhui Online.

BERITA TERKAIT :

Cina akan larang para penumpang udara yang tidak sopan. Turis Cina mendapat panduan tingkah laku

Diskon yang memotong harga makanan dari enam yuan atau Rp12.000 menjadi tiga yuan tersebut diperoleh jika mahasiswa menyebutkan kata-kata seperti ‘halo’, ‘minta tolong’ dan ‘terima kasih’.

Cina

Beberapa pengguna media sosial China mempertanyakan upaya universitas. Dan setiap orang yang mengatakan kepada karyawan kantin, “Anda sudah bekerja keras” juga akan mendapat hadiah. “Baru-baru ini universitas menjadi tuan rumah perbincangan tentang bagaimana memperkenalkan sopan-santun, dan kami berpikir kantin dapat menjadi sarana pendidikan,” kata pejabat universitas, Jing Fangming.

Gagasan ini mungkin akan didukung mahasiswa yang kekurangan uang, tetapi ternyata tidak banyak didukung oleh para pengguna media sosial China. “Saya tidak percaya Anda benar-benar menggunakan uang untuk mengajarkan kesopanan dasar,” demikian salah satu pandangan di situs Sina Weibo.

TEKS : DETIK.COM




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *