Disdik Larang Pungli Atasnama Perpisahan Sekolah

 

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Empat Lawang, Agusni Effendi

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Empat Lawang, Agusni Effendi

EMPAT LAWANG, KSOL – Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Empat Lawang, Agusni Effendi minta kepada pihak sekolah terutama Sekolah Menegah Pertama (SMP) yang sebentar lagi akan menggelar kegiatan perpisahan siswa kelas IX untuk tidak memungut sumbangan dengan wali murid.

Ataupun meminta sumbangan lainnya kepala wali murid siswa SMP kelas akhir tersebut, karena hal itu memang tidak ada yang mengatur untuk memungut sumbangan tersebut. “Itu bentuknya memang sumbangan, tapi larinyo ke pungutan liar (pungli) akhinyo,” ujar Agusni, kemarin.

Peristiwa seperti ini sudah sering terjadi selama ini. Tentunya hal seperti ini menimbulkan polemik antara sekolah dengan wali murid. “Itu yang ditakutkan, jangan ada polemik. Jalani sesuai dengan yang ada. Jangan pungut sumbangan kalau untuk menjadi polemik,” kata dia.

pic_02 Apalagi, tegas Agusni, sampai mengancam menahan ijazah siswa apabila siswa dan wali murid tidak membayar sumbangan itu. “Itu jelas tidak dibenarkan. Saya tidak membenarkan kegiatan seperti itu. Jelas akan menimbulkan permasalahan,” tutur dia.

Saat ini pendidikan gratis sudah digaungkan oleh pemerintah. Jadi kalau ada pungutan atau sumbangan yang memang tidak diatur dalam aturan yang ditentukan, itu jelas tidak mendukung program pemerintah. “Makanya saya tegaskan saya minta tidak ada pungutan sumbangan, pungli segala macam di sekolah. Jalani sesuai peraturan yang ada saja,” tegas Agusni.

TEKS : SAUKANI
EDITOR : IMRON SUPRIYADI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *