Pertama Di Sumsel : Akbid Muara Enim Luncurkan One Student Save’s One Family

MUARA ENIM, KSOL – Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Sumatera Selatan Dra. Lesty Nuraini Apt M.kes mengapresiasi program Akbid Pemkab Muara Enim. Menurutnya program ini bagus untuk mendukung Muara Enim menuju Sumsel Sehat. Hal ini menunjukan bagaimana komitmen Akbid Pemkab M‎uara Enim dalam mendukung program tersebut.

Bupati Muara Enim Ir Muzakir Sai Sohar

Bupati Muara Enim Ir Muzakir Sai Sohar

“Program satu mahasiswa bina satu keluarga ini merupakan pertama di Sumsel atau bahkan di Indonesia. Ini dapat di contoh bagi sekolah-sekolah kesehatan yang lainnya di Provinsi Sumatera Selatan khususnya, dan seluruh Indonesia pada umumnya. Sehingga program yang dicanangkan oleh Menteri kesehatan dapat tercapai dalam mewujudkan Program Indonesia Sehat dengan pendekatan keluarga sehat,” ucapnya saat Launching One Studen Save’s One Family (Satu mahasiswa bina satu keluarga) dalam acara temu alumni dari angkatan 2004- 2015 di Grand Zury Hotel, Muara Enim, Senin (9/5/16).

Dikatakannya, dalam rangka era globalisasi dan pencapaian pembangunan nasional, khususnya pembangunan di bidang kesehatan yang sedang dilaksanakan pada saat ini, lebih diarahkan pada peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas serta kehidupan masyarakat yang sehat dan sejahtera. Hal ini menjadi penting karena merupakan modal dasar dalam menghadapi persaingan di era globalisasi.

Sementara itu, Bupati Muara Enim Ir H Muzakir Sai Sohar ‎dalam sambutannya menyampaikan, saat ini kita semakin dituntut untuk memberikan hasil kerja lebih besar lagi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Hal ini lanjut Muzakir, mengharuskan kita untuk bercermin agar peran kita semakin besar dalam meningkatkan kesejahteraan, harkat dan martabat bangsa, di tengah kondisi saat ini mau tidak mau harus mampu bersaing dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) dimana kita di tuntut untuk bersaing dengan negara-negara ASEAN terutama dibidang ekonomi.

StarNetwork.id Pada kesempatan yang sama, Direktur Akbid Pemkab Muara Enim, Rita Camalia, M.kes mengatakan, program ini ini merupakan program unggulan Akbid. Di mana satu mahasiswa melakukan pembinaan satu keluarga di Kabupaten Muara Enim.

“Maksudnya disini tugas mahasiswa melakukan pencegahan dan penyuluhan, jika ada yang sakit bisa disarankan untuk berobat ke pusat kesehatan. Jadi sebanyak 397 mahasiswa Akbid melakukan penyuluhan dan pembinaan saat libur pada sabtu dan minggu. Keluarga binaan yang dipilih adalah tetangga di mana mahasiswa Akbid itu tinggal,” jelas Rita.

Dikatakan Rita, setelah kegiatan launching akan diteruskan dengan seminar pangan fungsional bagi kesehatan reproduksi dan pembukaan pelatihan OSCE bagi para dosen di Akademi Kebidanan Pemerintah Kabupaten Muara Enim. Tujuannya untuk meningkatkan mutu dosen dan lulusan. “Sehingga nantinya dapat berperan serta dalam menurunkan angka kesakitan dan angka kematian ibu dan bayi khususnya di Kabupaten Muara Enim dan Sumatera Selatan pada umumnya,” tegasnya.

Hadir dalam acara tersebut Bupati Muara Enim Ir H Muzakir Sai Sohar, Kadinkes Sumsel Dra  Lesty Nurani Apt Mkes, Ketua DPRD Aries HB, Kadinkes Muara Enim dr H Yan Riadi Mars, Direktur Akbid Rita Camalia M.kes‎, Ketua PKK dan Ketua Darma Wanita Kabupaten Muara Enim, Prof Dr Rindit Pambayun MP BSc DpL Biotech, Yeti Leoni Irawan MSc, Ketua IBI Sumsel,Ketua IBI Canang Muara Enim,Keluarga Binaan Mahasiswa Akbid Muara Enim serta Alumni Akbid Pemkab Muara Enim dari seluruh angkatan.

TEKS / FOTO : HENDRO ALDO IRAWAN – REPORTER RGBA FM TANJUNG ENIM
EDITOR : IMRON SUPRIYADI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *