Biasanya 200 Kantong, Tapi Kali ini hanya 70 Kantong : Setetes Darah Anda, Nyawa Bagi Sesama

MUARA ENIM, KSOL – Untuk kesekian kalinya, Paguyuban Keluarga Besar Tanjung Enim Forum (PKB-TEF) Kabupaten Muara Enim, bertempat di Lapangan Bawah Masjid Jamik (BMJ) Bukit Asam, Tanjung Enim, Kamis (5/5/16), menggelar aksi donor darah. Acara ini merupakan yang ke-6 di bulan Mei 2016. Kali ini, PKB TEF mengajak warga dan puluhan komunitas motor di Tanjung Enim

Supriyadi, Ketua PKB TEF ketika dijumpai mengatakan,‎ kegiatan ini merupakan program rutin PKB-TEF yang di gelar setiap 3 bulan sekali, bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Muara Enim.

“Alhamdulillah pendonor meski cuaca mendung sejak pagi hari dan sempat hujan dari jam sebelas sampai puul dua siang, namun warga tetap tetap antusias mendonorkan darahnya,” ujar Supriyadi.

IMG_20160505_125007

Suasana Aksi Donor Darah Yang di Selenggarakan PKB-TEF Yang ke-6 di Lapangan BMJ Bukit Asam, Kamis (5/5/2016).

Tujuan kegiatan ini, jelas Supriyadi untuk membantu PMI Kabupaten Muara Enim sesuai dengan slogan PMI “Setetes Darah Anda, Nyawa Bagi Sesama”, maka dari itu kata Supriyadi kegiatan ini sangat positif dilakukan untuk membantu korban yang paling membutuhkan pertolongan segera demi keselamatan jiwanya.

“Ya jelas secara tidak langsung kita ikut andil dalam membantu pihak PMI dalam ketersediaan kantong darah di Unit Donor Darah (UDD) PMI kabupaten Muara Enim,” terangnya.

Saah satu pendonor yang sedang diambil darahnya di Tanjung Enim

Saah satu pendonor yang sedang diambil darahnya di Tanjung Enim

Diakui Supriyadi, pada aksi donor darah kali ini terbilang agak sepi. Sebab biasanya bisa mencapai 200 kantong darah‎ dari target yang diinginkan. Namun kali ini sepi dikarenakan berbagai faktor, diantaranya bertepatan dengan libur panjang sehingga banyak masyarakat yang keluar kota. “Ditambah cuaca mendung dan hujan saat siang harinya. Namun ada juga diantara pendonor yang rutin sudah lebih dulu mendonorkan darahnya ke PMI dikarenakan kebutuhan mendesak,” ujarnya.

Dalam aksi donor darah kali ini tercatat‎ 90 total pendonor yang mendaftar. Namun yang bisa‎ diambil ada 70 kantong darah dan ‎sisanya 20 tidak bisa di ambil dikarenakan faktor tekanan darah/tensi y‎ang lemah dan faktor kesehatan lainnya.

‎Kegiatan aksi sosial ini digelar Paguyuban Keluarga Besar Tanjung Enim Forum (PKB-TEF) bekerjasama dengan PMI dan Dinas Kesehatan Kabupaten Muara Enim, termasuk dukungan dari Pemerintah Kecamatan dan para sponosr llainnya.

TEKS / FOTO : HENDRO ALDO IRAWAN – REPORTER RGBA FM TANJUNG ENIM
EDITOR : IMRON SUPRIYADI

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *