Aksi Simpati Buruh Wanita untuk Yuyun Korban Pemerkosaan

TANGERANG, KSOL — Puluhan buruh wanita yang tergabung dalam Gabungan Serikat Buruh Independen (GSBI) Tangerang melakukan gerakan simpati terhadap Yuyun, korban pemerkosaan di Bengkulu oleh 14 pria.

Dalam aksinya, para buruh wanita ini membagikan bunga kepada masyarakat di Bundaran Akhlakul Karimah, Jalan Veteran, Cikokol, Kota Tangerang, kemarin. Mereka juga membagikan selembaran berisi tuntutan mereka.

BACO BERITA LAINNYOBuru Dua Tersangka Pemerkosa Yuyun, Polisi Bentuk Dua Tim

Ketua GSBI Tangerang Kokom Komalawati mengatakan, beberapa hari lalu masyarakat dikejutkan dengan kasus Yuyun. Sepulang sekolah, gadis ini dianiaya, diperkosa, lalu dibunuh secara keji oleh 14 pemuda mabuk. Bahkan beberapa di antaranya masih remaja. “Kami mengecam kekerasan yang dilakukan para pelaku kepada korban,” ujarnya. Menurut Kokom, kasus ini hanya satu dari sekian banyak.

Ia menduga masih ada korban-korban lain yang mengalami hal serupa dengan Yuyun, hanya tidak diketahui. Dalam catatan Komnas Perempuan dan Perlindungan Anak, setiap hari ada 35 perempuan mengalami kekerasa seksual. “Artinya hari ini kekerasan seksual menjadi ancaman perempuan dan anak-anak kita,” tuturnya.

Tingginya angka kasus ini menjadi bukti bahwa negara belum memberikan perlindungan bagi perempuan dan anak-anak, termasuk di dalamnya buruh perempuan. Lemahnya pengawasan negara terhadap tayangan media TV yang berisi kekerasan dan pornografi, diduga menjadi salah satu pemicu pencabulan.

TEKS / FOTO : OKEZONE.COM




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *